blt-dd-tahap-2

Penyaluran BLT-DD Kecamatan Wonogiri Tahap II kepada 1.050 KPM

Kabar Desa Pemerintahan Penggunaan Dana Desa

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Sebanyak 251 desa se-Kabupaten Wonogiri akhirnya menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap 2 secara serentak. Termasuk sembilan desa di Kecamatan Wonogiri juga menyalurkan BLT DD pada Senin, (22/6). Pelaksanaan penyaluran di pendapa kantor Kecamatan Wonogiri dengan mitra penyalur PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Wonogiri, dibantu pihak kecamatan, pendamping desa, perangkat desa, puskesmas, TNI dan Polri.

blt-dd-tahap-2

Penyaluran BLT DD Tahap II di pendapa Kecamatan Wonogiri, Senin (22/6). (Dok.desa.id – Foto : Adm)

Total penerima BLT DD di Kecamatan Wonogiri adalah 1.050 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang terbagi di 9 desa. Rincian KPM penerima BLT DD yakni Desa Sendang 150 KK, Desa Purworejo 103 KK, Desa Wonokerto 106 KK, Desa Wonoharjo 110 KK, Desa Sonoharjo 149 KK, Desa Manjung 107 KK, Desa Purwosari 108 KK, Desa Pokoh Kidul 109 KK, dan Desa Bulusulur 108 KK.

blt-dd-tahap-2

Bank Jateng membuka 3 loket sehingga memperlancar proses penyaluran BLT DD. (Dok.desa.id – Foto : Adm)

Syarat pengambilan BLT DD tiap KPM harus membawa KTP (asli & fc), KK (asli & fc) dan surat kuasa bagi yang mewakilkan. Penyaluran tahap II ini cukup lancar usai evaluasi pada penyaluran tahap I dengan menambah loket pembayaran menjadi 3 loket. Namun protokol kesehatan tetap diterapkan yakni KPM yang hadir sesuai jadwal melalui serangkaian tahapan seperti cek suhu badan, cuci tangan dengan hand sanitizer, jaga jarak dan tetap memakai masker. Kursi-kursi di ruang tunggu ditata agar memberi jarak aman bagi KPM yang menunggu giliran. Begitu pula antrean dibuat shift per desa sehingga tidak terjadi penumpukan warga yang terlalu padat.

blt-dd-tahap-2

Warga mengantre untuk mengambil BLT DD Tahap II di pendapa Kecamatan Wonogiri, Senin (22/6). (Dok.desa.id – Foto : Adm)

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh usaha pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan warga, terutama dalam kondisi yang sulit seperti saat ini. “Harapan kami dengan disalurkannya BLT DD tahap II ini kebutuhan pokok masyarakat tercukupi dan daya beli tetap terjaga,” paparnya.

Hal ini merupakan wujud nyata dari kehadiran pemerintah pusat hingga desa untuk mengatasi dampak yang diterima masyarakat dengan adanya pandemi covid-19. Kades Sendang juga mengapresiasi Bank Jateng yang menambah loket penyaluran sehingga distribusi BLT DD semakin lancar, dan kepatuhan masyarakat yang antre secara tertib dan mentaati protokol kesehatan. (adm)

Tinggalkan Balasan