Puskesmas Wonogiri II sosialisasikan pencegahan Corona

sendang-wonogiri.desa.id – Puskesmas Wonogiri II menggelar sosialisasi pola hidup sehat kepada masyarakat Desa Sendang sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Dalam kegiatan sosialisasi ini, Kepala UPT Puskesmas Wonogiri II, dr. Antik Istiqomah bersama tim menggunakan mobil operasional berkeliling ke desa/kelurahan di wilayahnya dan membagikan leaflet kepada masyarakat, salah satunya di Sendang, Rabu (18/3).

sosialisasi-cegah-corona

Puskesmas Wonogiri II mengadakan kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di Dusun Prampelan, Sendang, Rabu (18/3) (Dok.desa.id – Foto : Edg)

Kepala UPT Puskesmas Wonogiri II, dr. Antik Istiqomah mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona di wilayah Kecamatan Wonogiri. Melalui sosialisasi, lanjutnya, masyarakat diharapkan lebih memahami apa itu Corona Virus Disease (Covid-19), gejala-gejala yang ditimbulkan dan mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencegah jika sudah terkena dampak.

Sementara itu, Tim Promkes Puskesmas Wonogiri II, Endang Puji Astuti, SKM, MM mengatakan, virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini dapat menular kepada manusia dengan gejala demam, nyeri tenggorokan, sulit bernafas, nyeri pada kepala. Jika mengalami gejala, maka masyarakat diharapkan ke rumah sakit rujukan.

“Puskesmas Wonogiri II telah melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, membagikan leaflet terkait kewaspadaan pencegahan Covid-19. Setiap hari juga kami lakukan penyuluhan dan edukasi kepada para pengunjung Puskesmas Wonogiri II,” kata Endang Puji Astuti, SKM, MM, Jumat (20/3/2020).

sosialisasi-cegah-corona

Pengunjung mendapatkan edukasi terkait Pencegahan Penyebaran Virus Corona dan edukasi PHBS dari petugas Puskesmas Wonogiri II. (Dok.desa.id – Foto : Edg)

Ia menambahkan, jika ada warga yang akan memeriksakan diri ke Pustu (Puskesmas Pembantu) dan Puskesmas Wonogiri II, ada pembatasan jumlah pengantar, yakni cukup satu orang. Sebelum masuk harus cuci tangan pakai sabun dan diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu.

cuci-tangan-pakai-sabun

Pengunjung Puskesmas Wonogiri II mendapatkan edukasi cara mencuci tangan pakai sabun secara benar. (Dok.desa.id – Foto : Edg)

“Kita tidak perlu berlebihan menanggapi virus ini, kuncinya selalu waspada. Untuk pencegahan, jaga pola hidup sehat yakni dengan istirahat cukup, memperbanyak makanan sayur dan buah-buahan, rutin berolahraga, serta hindari merokok dan minuman beralkohol agar imun tubuh meningkat. Jangan lupa untuk sering mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang sakit. Ditambah sering berjemur dibawah sinar matahari baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” pungkas Endang Puji Astuti. (adm/ag)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan