Antisipasi Corona, TMMD Sengkuyung Pertama di Desa Sendang dilaksanakan tanpa upacara pembuka

tmmd-sengkuyung-pertama

Warga masyarakat antusias mengikuti kerja bakti di lokasi TMMD Sengkuyung I, Dusun Kolotoko (Dok.desa.id – Foto : Ag)

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap pertama 2020 siap dilaksanakan di Desa Sendang, mulai hari ini (16/3). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri telah mempersiapkan bersama tim dari Kodim 0728/Wonogiri untuk membangun pedesaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

rakor-tmmd

Dinas PMD Wonogiri melakukan koordinasi persiapan pelaksanaan TMMD Sengkuyung I di Kantor Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : Ag)

Kabid pembangunan, pemberdayaan lembaga kemasyarakatan Dinas PMD Wonogiri, Sulardi menjelaskan, khusus TMMD Sengkuyung tahap pertama 2020 ini acara seremoni ditiadakan sesuai instruksi Mabes TNI terkait pencegahan virus corona. Meski demikian, pelaksanaan pembangunan desa tetap dilanjutkan melalui kegiatan fisik.

tmmd-sengkuyung-pertama

Usai rakor, Camat Wonogiri meninjau langsung lokasi TMMD di Dusun Kolotoko (Dok.desa.id – Foto : Ag)

“Dari segi pendanaan, kami sudah menyampaikan kepada desa dan pelaksanaan teknis sudah berkoordinasi dengan Kodim 0728/Wonogiri. Sehingga kami dan anggota Kodim 0728/Wonogiri telah mempersiapkannya dengan baik di desa sasaran TMMD Sengkuyung tahap pertama 2020. Baik itu pembangunan sarana prasarana dan persiapan kegiatan non fisik. Dari desa dan masyarakat sendiri sangat antusias. Mereka akan bergotong royong untuk bersama-sama membangun desa. Sistemnya dengan gotong-royong,” ungkapnya saat berkoordinasi bersama tim dengan Pemdes Sendang di balai Desa Sendang.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Pembangunan Desa Dinas PMD Wonogiri, Sukalino mengatakan, khusus di Kabupaten Wonogiri, pelaksanaan TMMD Tahun 2020 dilaksanakan di tiga desa. Pemkab Wonogiri juga mengalokasikan anggaran dari APBD kabupaten untuk tiga desa tersebut yaitu Desa Sendang Wonogiri, Desa Sumberagung Pracimantoro, Desa Mbero Manyaran. Ini untuk mempercepat pembangunan desa yang ada di Wonogiri.

tmmd-sengkuyung-pertama

Kegiatan pra TMMD Sengkuyung pertama Tahun 2020 sudah dimulai sejak tanggal 7 Maret 2020 di Dusun Kolotoko, Desa Sendang. (Dok.desa.id – Foto : Ag)

Pembangunan fisik di Desa Sendang melalui program TMMD meliputi peningkatan infrastruktur dasar seperti pengerasan jalan tembus yang menghubungkan Dusun Sokogunung dan Dusun Kolotoko. Sementara itu pembangunan non fisik melalui penyuluhan telah dilaksanakan saat pra pembukaa. Sedangkan program pengobatan gratis, hingga kursus keterampilan bagi warga dan pelayanan sesuai potensi, hingga kebutuhan masyarakat lainnya ditunda hingga masa lockdown kasus Covid-19 berakhir.

tmmd-sengkuyung-pertama

Warga masyarakat antusias mengikuti kerja bakti di lokasi TMMD Sengkuyung I, Dusun Kolotoko (Dok.desa.id – Foto : Ag)

“Program TMMD ini sudah berjalan sangat lama. Selain mendekatkan peran TNI kepada masyarakat, juga sangat bermanfaat bagi desa. Manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. Kami selalu mendukung agar program ini terus berjalan. Setelah pembangunan, kami dan stakeholder terkait akan melakukan pengawasan. Supaya program di desa terus berjalan,” jelas Babinsa Sunarno saat mengikuti koordinasi di kantor Balai Desa Sendang.

Penentuan desa penerima program TMMD ditentukan berdasarkan penilaian selama setahun sebelum TMMD. Sedangkan penilaian desa layak TMMD dilakukan tim dari Bappeda, Kodim, Dinas PMD, DPU, dan lainnya. Kategori desa yang memenuhi kriteria mendapatkan program TMMD yakni desa tertinggal, aksesnya kurang, dan tingkat kemiskinannya tinggi. (adm/ag)

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan