Kunjungi kader PKK Sendang, Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri ajak wujudkan 4 W 5 Sempurna

rapat-rutin-pkk

Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri, Ny. Listyorini (berdiri) saat memberikan pembinaan kepada kader PKK Desa Sendang, Senin (9/3) (Dok.desa.id – Foto : Ag)

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Tim Penggerak PKK Desa Sendang kembali melaksanakan Rapat Rutin PKK di Bulan Maret dengan diikuti semua Pokja (Kelompok Kerja), dari Pokja I hingga Pokja IV. Kali ini ada yang istimewa karena rapat rutin dihadiri langsung Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri, Ny. Listyorini Djoko Purwidyatmo, Senin (9/3/2020).

rapat-rutin-pkk

Rapat rutin PKK Sendang Bulan Maret dihadiri ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri, Senin (9/3) (Dok.desa.id – Foto : Ag)

Bertempat di Ruang Pertemuan Balai Desa Sendang, rapat rutin PKK dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sendang Ny. Sri Mulyani Sukamto. Ia menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri beserta rombongan yang telah berkenan hadir dalam rapat rutin PKK Desa Sendang. “Rapat rutin kami laksanakan setiap tanggal 9, ini sebagai upaya meningkatkan tali silaturahmi antar ibu-ibu kader PKK, perangkat desa serta melaksanakan fungsi dari PKK,” kata Ny. Sri Mulyani.

Selain membahas serta evaluasi program kerja PKK, pada pertemuan itu juga dilangsungkan pembinaan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri, Ny. Listyorini Djoko Purwidyatmo.

rapat-rutin-pkk

Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri, Ny. Listyorini (berdiri) saat memberikan pembinaan kepada kader PKK Desa Sendang, Senin (9/3) (Dok.desa.id – Foto : Ag)

Menurut Ny. Listyorini, Pemerintah Desa Sendang telah melakukan sinkronisasi program pemerintah daerah. Hal tersebut dapat dilihat pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Sendang Tahun 2019 yang telah menganggarkan lebih dari Rp 100juta untuk kegiatan pemberdayaan perempuan. Bahkan menurut laporan dari Sekretaris Desa Sendang, Agung Susanto, kegiatan pemberdayaan perempuan telah dimulai dengan pelatihan pembuatan kecap dengan bahan baku jerohan ikan.

Ia menambahkan, dengan kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan diharapkan kader PKK Desa Sendang dapat memberikan kemajuan pada desa. “Berbicara PKK, kita tidak terlepas dari peran perempuan dalam pembangunan. Seperti saat ini, Desa Sendang sedang mempersiapkan kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung I, ternyata ibu-ibu PKK juga terlibat didalamnya,” jelas Ny. Listyorini saat memberikan sambutan pada rapat rutin PKK Desa Sendang, Senin (9/3).

Selain pembahasan mengenai kegiatan PKK, dirinya juga melanjutkan materi penanggulangan stunting yang harus dimulai dengan memberikan pengetahuan gizi kepada ibu hamil. Ia menyampaikan berbagai materi pemberdayaan perempuan dengan cukup interaktif. Bermacam reward ia berikan kepada ibu-ibu kader PKK yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.

rapat-rutin-pkk

Ketua TP PKK Kecamatan Wonogiri, Ny. Listyorini saat memberikan reward kepada salah satu kader PKK Desa Sendang, Senin (9/3) (Dok.desa.id – Foto : Ag)

Ny. Listyorini menambahkan, untuk mengatasi permasalahan stunting memang memerlukan kerja sama, baik dari PKK, kader posyandu, serta puskesmas yang dapat selalu aktif dan tidak akan pernah berhenti melakukan sosialisasi dengan masyarakat khususnya untuak kalangan remaja.

Untuk mencegahnya tentu harus dijaga kesehatan anak dari masa kehamilan. Bahkan dari awal pembuahannya gizi sang ibu harus diperhatikan. Kader PKK Desa Sendang juga diajak untuk mewujudkan program dari Ketua TP PKK Kabupaten yaitu 4W 5 Sempurna (Wareg, Waras, Wasis, Wanggon, Waskita). “Kunci membentuk keluarga yang sejahtera dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anggota keluarga, memberikan nilai-nilai keagamaan yang baik supaya terhindar dari masalah sosial,” pungkasnya. (adm/ag)

About sendang-wonogiri 610 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan