Musrenbangdes penyusunan RKPD tahun 2021

sendang-wonogiri.desa.id | Pemerintah Desa Sendang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 di gedung balai Desa Sendang, Kamis (23/1). Acara tersebut dihadiri oleh Margono, Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Wonogiri, Camat Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, beserta Tim I pemantau dari Kecamatan Wonogiri. Adapun peserta Musrenbangdes terdiri dari Ketua dan anggota BPD Sendang, Ketua dan anggota LPM, anggota PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pelaku usaha ekonomi mandiri.

musrenbangdes-rkpd-2021

Musrebangdes penyusunan RKPD 2021 di Balai Desa Sendang, Kamis (23/1) (Dok.desa.id – Foto : Edi)

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbangdes adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di desa. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah desa melalui musyawarah keterwakilan, serta menyepakati rencana kegiatan yang akan diusulkan pada Musrenbang Kecamatan.

“Dalam pelaksanaan Musrenbangdes ini kita berpedoman surat edaran Bupati Wonogiri tanggal 31 Desember 2019 Nomor 050/8879 perihal arahan kebijakan dan prioritas pembangunan serta pedoman penyelenggaraan Musrenbang Tahun 2020 penyusunan RKPD Tahun 2021,” paparnya.

camat-wonogiri

Camat Wonogiri, Joko Purwidyatmo saat memberikan sambutan pada Musrebangdes penyusunan RKPD 2021 di Balai Desa Sendang, Kamis (23/1) (Dok.desa.id – Foto : Edi)

Selanjutnya Camat Wonogiri, Djoko Purwidyatmo selaku ketua tim satu pemantau pelaksanaan musrenbangdes Kecamatan Wonogiri mengatakan terkait arahan dan petunjuk Bupati Wonogiri untuk merealisasikan beberapa program dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Wonogiri, desa supaya segera merespon dengan program nyata pengentasan kemiskinan. Ia menambahkan harus ada sinkronisasi dan harmonisasi terkait program pemerintah kabupaten.

musrenbangdes-rkpd-2021

Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Margono saat memberikan sambutan pada Musrebangdes penyusunan RKPD 2021 di Balai Desa Sendang, Kamis (23/1) (Dok.desa.id – Foto : Edi)

Pada kesempatan itu, Anggota legislatif DPRD Kabupaten Wonogiri, Margono mengajak semua warga masyarakat Desa Sendang untuk bersama-sama pemerintah desa untuk mewujudkan mimpi menjadi desa yang maju. “Desa harus mulai lebih memperhatikan bidang pemberdayaan masyarakat dan program pengentasan kemiskinan,” ucapnya ketika memberikan sambutan pada Musrenbangdes di Balai Desa Sendang, Kamis (23/1).

musrenbangdes-rkp

Toga, Tomas,PKK dan Karang Taruna mengikuti Musrebangdes RKPD 2021 di Balai Desa Sendang, Kamis (23/1) (Dok.desa.id – Foto : Edi)

Sekdes Sendang, Agung Susanto dan Ketua LPM Sendang, Bambang Tri Warsito memandu penyusunan usulan kegiatan yang akan dibawa saat musrenbang kecamatan Februari mendatang. Dalam kesempatan itu juga dipaparkan informasi perkiraan pagu indikatif untuk tahun anggaran 2020 dan beberapa usulan rencana kegiatan di tahun 2021 hasil dari musyawarah pra musrenbangdes. Usai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi pleno untuk menentukan usulan skala prioritas RKPD tahun 2021.

Hasil dalam musrenbangdes Desa Sendang kali ini telah ditetapkan sebanyak 35 usulan kegiatan terdiri dari bidang pembangunan, pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat. Juga ditetapkan tim delegasi sebanyak 6 orang yang akan mengikuti musrenbang tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan 6 Februari 2019 mendatang. Tim terdiri dari unsur kepala desa, ketua LPM, ketua KPMD, ketua TP PKK, ketua karang taruna dan 1 tokoh masyarakat. (adm)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan