Desa Sendang raih penghargaan pada ajang KIP Award 2019

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Tiga desa di Wonogiri mendapat penghargaan pada ajang KIP Award 2019 Jateng sebagai Badan Publik Desa (BPD). Ke-tiga desa tersebut berpredikat Menuju Informatif yakni Sendang (Wonogiri) nilai 89,90, Pasekan (Eromoko) nilai 83,60 dan Waru (Slogohimo) nilai 80,69. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah pada Malam Penganugerahan KIP Tahun 2019 di Grand Rama Shinta, Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (19/12).

kip-award-2019

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan pada ajang KIP Award 2019 di Hotel Patra Jasa, Semarang, Kamis (19/12). (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Penghargaan KIP Award 2019 Jateng dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Riena Retnaningrum SH, Ketua Komisi Informasi Propinasi (KIP) Sosiawan dan beberapa Bupati/Walikota se-Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan mengatakan bahwa ajang ini memberikan edukasi kepada publik bahwa transparansi itu enak. Informasi yang kita berikan kepada masyarakat itu mengedukasi, memberikan sesuatu yang terbuka.

Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum mengatakan penilaian sebagai badan publik informatif diikuti 86 desa yang ada di Jateng. Penilaian dilakukan Tim KIP Jateng selama 10 bulan terakhir pada desa yang mengikuti program ini.

kip-award-2019

Desa Sendang menerima penghargaan pada ajang KIP Award 2019 sebagai Badan Publik Desa menuju informatif. (Dokumen desa.id – foto : Edi)

“Setiap desa wajib menyampaikan presentasi layanan keterbukaan publik yang ada dan dapat visitasi Tim KIP Jateng ke lapangan. Dari penilaian tersebut ditentukan BPD yang berhak mendapatkan penghargaan KIP Award 2019,” katanya.

Kepala Desa Sendang usai menerima penghargaan sebagai BPD Menuju Informatif pada KIP Award 2019 berharap akan lebih optimal lagi pada tahun mendatang. “Ini tentu sangat membanggakan bagi Desa Sendang. Sebab, upaya desa untuk membuka informasi kepada publik mendapat apresiasi dari semua pihak. Ini menunjukan Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sudah kami buka secara transparan, kami desa kami terbuka,” katanya.

kip-award-2019

Kades Sendang dan Sekdes Sendang menerima penghargaan pada ajang KIP Award 2019 sebagai Badan Publik Desa menuju informatif. (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Pada ajang KIP Award 2019 Pemkab Wonogiri mengirimkan 4 desa yang telah menerapkan layanan publik dengan baik, namun hingga tahap visitasi lapangan tinggal 3 desa yang lolos.

“Dari 4 desa tersebut, sebanyak 3 desa masuk ke tahap akhir uji publik dan visitasi oleh KIP Jateng pada pertengahan November 2019 lalu. Uji publik dilakukan melalui presentasi di hadapan tim penilai dan visitasi di lapangan,” jelas Sukamto.

Hasil uji publik dan visitasi, imbuhnya, menentukan nilai akhir dalam penilaian. Ke 3 desa di Wonogiri berhasil masuk 17 BPD yang diundang menerima penghargaan. Ke-tiga desa tersebut yakni Sendang (Wonogiri), Pasekan (Eromoko) dan Waru (Slogohimo) meraih predikat menuju informatif.

“Ke depan kran keterbukaan informasi publik di desa akan terus kami buka. APBDes Desa Sendang bisa diakses publik secara mudah dan transparan melalui laman digital maupun papan pengumuman manual yang ada,” paparnya. (PPID Sendang)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan