Desa Beji studi banding administrasi desa dan pengelolaan BUMDes di Sendang

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Pemerintah Desa Beji, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali melakukan studi banding ke Desa Sendang, Wonogiri. Kegiatan ini juga melibatkan anggota BPD dan Pengelola BUMDes Desa Beji. Rombongan peserta studi banding diterima langsung oleh Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto di ruang pertemuan TP PKK Desa Sendang, Jum’at (13/12).

studi-banding-beji

Rombongan peserta studi banding dari Desa Beji, Boyolali diterima Kades Sendang di ruang TP PKK Desa Sendang, Jum’at (13/12). (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Dalam sambutan penerimaannya, Sukamto Priyowiyoto mengatakan bahwa dari 9 desa di kecamatan Wonogiri, Desa Sendang merupakan salah satu desa yang telah memiliki BUMDes dan berjalan cukup baik. “Usaha pengelolaan destinasi wisata alam menjadi usaha unggulan dari BUMDes Sendang. Ada wisata puncak Joglo, Watu Cenik dan Menara Pandang Sokogunung,” jelasnya.

Selanjutnya Kepala Desa Beji, Malikin dalam kesempatan itu mengatakan ia beserta perangkat desa dan pengelola BUMDes memilih melakukan studi banding ke Desa Sendang Kecamatan Wonogiri karena telah mendirikan BUMDes dan saat ini telah bergerak mengelola wisata desa.

Malikin menambahkan, tujuan studi banding ini untuk mengetahui inovasi, tata kelola administrasi pemerintahan dan pengelolaan BUMDes yang ada di Desa Sendang. Sehingga dirinya mengharapkan setelah melakukan kunjungan ini bisa membuat semangat para perangkat desa dan pengelola BUMDes Desa Beji untuk mengembangkan potensi yang ada. “Setelah berkunjung ke Sendang ini, kami berharap nantinya pengelola BUMDes Beji bisa membuat inovasi dalam pengelolan BUMDes,” jelasnya.

Acara studi banding ini diawali dengan pemutaran video profil Desa Sendang. Dilanjutkan paparan terkait tata kelola administrasi desa dan inovasi layanan publik oleh Sekdes Sendang, Agung Susanto. Ia menjelaskan, saat ini administrasi desa di Desa Sendang berbasis aplikasi. Mulai dari perencanaan ada aplikasi RAB, aplikasi RAPBDes dll. Ditambah lagi dengan aplikasi administrasi kependudukan online yang terintegrasi dengan Disdukcapil Kabupaten Wonogiri. Sedangkan untuk mempermudah warga mengakses semua informasi desa disediakan juga aplikasi SI CENIK (Sistem Informasi Cepat dengan NIK) yang dapat diunduh melalui playstore.

Agung menambahkan, Desa Sendang merintis pendirian BUMDes pada tahun 2017 lalu. Pemerintah desa, lembaga desa dan pengelola BUMDes mampu memanfaatkan potensi daerah secara bersama-sama, seperti bagaimana cara mengelola daerah yang memiliki kondisi geografis pegunungan menjadi wisata alam yang baik. Disamping itu BUMDes Sendang Pinilih juga menyediakan pelayanan pembayaran rekening listrik, PDAM secara online.

Dalam kesempatan itu hadir pula ketua BUMDes Sendang Pinilih, Sunarno. “Langkah awal menentukan usaha BUMDes adalah dengan identifikasi potensi desa dan aset desa terlebih dahulu. Baru kita melihat peluang yang ada, bisa mencari referensi BUMDes yang sudah maju, ditiru dan dimodifikasi. Dan tentunya BUMDes harus digerakkan orang-orang yang mampu dan mau mengabdi demi kemajuan desanya,” jelas Sunarno saat berbincang-bincang dengan salah satu peserta studi banding di ruang TP PKK Desa Sendang, Jum’at (13/12).

studi-banding-beji

Peserta studi banding dari Desa Beji melihat tayangan video profil Desa Sendang. (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Menurut Pendamping Desa (PD) Kecamatan Andong, Upik Retno Wulandari, Desa Beji memiliki potensi desa berupa wilayah hutan yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata. “Untuk saat ini, BUMDes Desa Beji bergerak dibidang usaha pembayaran online dan memulai pengajuan kerjasama untuk membuat pangkalan gas elpiji yang difasilitasi Dispermasdes Kabupaten Boyolali,” jelasnya saat mendampingi Desa Beji studi banding di Desa Sendang.

Kegiatan studi banding dilanjutkan dengan melihat kantor sekretariat BUMDes yang melayani pembayaran rekening PLN, PDAM, dll secara online. Rombongan peserta studi banding dari Desa Beji juga menyempatkan berkunjung langsung ke wisata Watu Cenik, salah satu destinasi wisata yang dikelola BUMDes Sendang Pinilih. (adm)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan