Manfaatkan bahan bekas, KPM PKH Sendang Berseri membuat kerajinan tangan menarik

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Salah satu program pemerintah pusat dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat kurang mampu ditindaklanjuti secara nyata oleh Pemerintah Desa Sendang. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran dan fasilitasi desa dalam membantu KPM PKH (Kelompok Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan) mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan bekas. Pelatihan pertama diselenggarakan pada tanggal 4 November 2019 di lokasi Camping Ground, tepatnya di Warung Sunarni (salah satu anggota KPM PKH). Pelatihan ini diikuti sebagian anggota KPM PKH Desa Sendang, serta dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Desa Sendang dan perwakilan dari pendamping PKH.

kpm-pkh-sendang-berseri

Pendamping PKH, Toto, memberikan pelatihan membuat kerajinan tangan dari bahan barang bekas pada pertemuan rutin kelompok KPM PKH Sendang (Dok.desa.id – Foto : sendang berseri)

Usaha Pemdes Sendang ternyata mendapat tanggapan serius dan menggembirakan dari para KPM PKH. Terbukti, setelah mengikuti pelatihan pertama para anggota KPM PKH yang tergabung dalam “Sendang Berseri” antusias mempraktekkannya.

kerajinan-tangan

Hasil pelatihan kerajinan tangan dari KPM PKH Sendang (Dok.desa.id – Foto : sendang berseri)

Pelatihan pembuatan kerajinan tangan selanjutnya dilaksanakan pada pertemuan rutin kelompok. Di Sendang terdapat 3 kelompok PKH yakni PKH 1 (Dusun Godean, Sendang, Kedungareng, Prampelan, Sokogunung), kelompok 2 (Dusun Bendorejo, Jajar, Selopukang), dan kelompok 3 (Dusun Gondanglegi, Nglegong, Kolotoko). “Setiap kelompok dilatih oleh perwakilan kelompok yang dikirimkan saat pelatihan awal yang didampingi oleh pendamping PKH. Jadi mereka bisa memanfaatkan pertemuan rutin dengan berlatih membuat kerajinan tangan bersama-sama,” jelas Eka, Ketua KPM PKH Sendang Berseri, Desa Sendang, Senin (18/11).

kerajinan-tangan

Hasil pelatihan kerajinan tangan dari KPM PKH Sendang siap dipasarkan (Dok.desa.id – Foto : sendang berseri)

Adapun jenis kegiatan yang mereka lakukan dalam pelatihan tersebut adalah membuat bros dan gantungan kunci dari tutup botol bekas yang dihias, kain perca, kantong plastik bekas, dan membuat bunga serta boneka dari bunga pinus yang dihias. Semua bahan ada dilingkungan mereka. Mereka hanya membeli bahan lain seperti lem tembak, gunting, staples, tali kur, spon, manik-manik, peniti, dan gantungan kunci.

“Rencananya hasil karya kerajinan tangan dari anggota KPM PKH Sendang Berseri ini akan dikirim ke Java Festival di Semarang besok Selasa (19/11) oleh Pendamping PKH. Mudah-mudahan menjadi terobosan untuk membuka usaha bagi para anggota,” pungkas Eka. (KPM PKH Sendang Berseri)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan