Musrenbangdes penyusunan RKP 2020, dua anggota legislatif hadir

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id | Pemerintah Desa Sendang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 di ruang pertemuan TP PKK Desa Sendang, Kamis (17/10/2019). Acara tersebut dihadiri oleh anggota legislatif DPRD Kabupaten Wonogiri, Margono (PDIP) dan Reni Toriliana (Golkar), Plt. Camat Wonogiri, Hariyanto, Ketua dan anggota BPD Sendang, Ketua LPM, anggota PKK, Pendamping Lokal Desa (PLD), tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan penerima bantuan sosial program PKH.

musrenbangdes-rkp

Kades Sukamto Priyowiyoto (baju merah) saat membuka Musrenbangdes RKP 2020 di ruang pertemuan PKK Desa Sendang (Dok.desa.id – foto : Agung)

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbangdes RKP adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa setahun mendatang. Perencanaan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di desa. “Dalam musrenbangdes kali ini ada beberapa permasalahan desa yang harus mendapatkan perhatian serius pemerintah desa. Permasalahan tersebut adalah adanya beberapa wilayah dusun yang mengalami krisis air bersih, pengentasan kemiskinan melalui rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), upaya pencegahan stunting, dan peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat,” paparnya.

Selanjutnya Plt. Camat Wonogiri, Haryanto mengatakan terkait arahan dan petunjuk Bupati Wonogiri untuk merealisasikan beberapa program dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Wonogiri, desa supaya segera merespon dengan program nyata pengentasan kemiskinan. Desa harus mulai berinovasi, kreatif dalam menyusun program terutama bidang pemberdayaan masyarakat.

musrenbangdes-rkp

Musrenbangdes RKP 2020 Desa Sendang dihadiri dua anggota legislatif DPRD Wonogiri, Margono dan Reni Toriliana. (Dok.desa.id – foto : Agung)

Musrenbangdes penyusunan RKP kali ini terasa berbeda karena Margono (PDIP) dan Reni Toriliana (Golkar), yang tahun ini terpilih menjadi anggota legislatif di DPRD Kabupaten Wonogiri ikut hadir sebagai narasumber. Pemerintah Desa (Pemdes) Sendang berharap kepada anggota legislatif dapat menyerap secara langsung aspirasi dari masyarakat. Triman (65th) tokoh masyarakat dari Dusun Jajar sangat antusias menyampaikan kebutuhan warga kepada anggota legislatif. Ia meminta anggota legislatif untuk ikut membantu memecahkan masalah dusunnya yang tahun ini kekurangan air bersih, sumber air yang ada tidak mampu mencukupi kebutuhan warga. Usulan langsung diterima oleh Margono yang akan mengupayakan program air bersih dapat masuk ke dusun tersebut.

musrenbangdes-rkp

Salah satu tomas, Triman saat menyampaikan usulan kepada anggota legislatif saat Musrenbangdes Penyusunan RKP 2020. (Dok.desa.id – foto : Agung)

Sekdes Sendang, Agung Susanto memandu penyusunan usulan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang. Dalam kesempatan itu juga dipaparkan informasi beberapa usulan rencana kegiatan di tahun 2020 hasil dari musyawarah dusun. Usai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi pleno untuk menentukan usulan skala prioritas RKP tahun 2020.

Hasil dalam musrenbangdes Desa Sendang kali ini juga menetapkan tim delegasi sebanyak 5 orang yang akan mengikuti musrenbang tingkat kecamatan. Tim terdiri dari unsur kepala desa, ketua LPM, ketua KPMD, ketua TP PKK, ketua karang taruna dan satu tokoh masyarakat. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan