Pilkades serentak 186 desa di Wonogiri, lancar tanpa gesekan sosial

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Masyarakat Wonogiri yang berada di 186 desa, 25 kecamatan telah usai memilih kepala desa (Kades) Rabu (25/9/2019). Informasi yang diterima reporter sendang-wonogiri.desa.id dari Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha, terdapat 462 Cakades yang mengikuti Kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap III di Wonogiri. Terdiri dari 397 laki-laki dan 65 perempuan. Ada 168 petahana dan 279 pendatang baru, dan 15 orang mantan kades lama.

pilkades-serentak

Pilkades Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri berjalan lancar dan kondusif

Hasil dari pilkades serentak tahap III ini terdapat 104 petahana yang kembali berjaya. Di kecamatan Wonogiri misalnya, dari 6 desa yang menggelar pilkades yakni Desa Wonokerto, Desa Bulusulur, Desa Purwosari, Desa Purworejo, Desa Pokoh Kidul, dan Desa Sonoharjo, enam diantaranya dimenangkan petahana, satu sisanya dimenangkan pendatang baru. Cakades pendatang baru terdapat di Desa Sonoharjo, Suharno Indra Prasetyo yang bersaing dengan Sri Lestari, mereka berdua merupakan pasangan suami-istri, sehingga pilkades Desa Sonoharjo dinilai adem ayem.

Menurut sekretaris desa Sendang, Agung Susanto melihat hasil pilkades di Kecamatan Wonogiri yang mayoritas dimenangkan petahana, ia menilai petahana mampu mengelola isu-isu strategis di desanya. Dan selama menjabat umumnya memiliki prestasi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

pilkades-purwosari

Antusias warga Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri dalam pemungutan suara Pilkades serentak tahap 3 tahun 2019

Persaingan ketat terjadi di Desa Purwosari. Ada dua perangkat desa yang mengikuti kontestasi pilkades, Suharto dan Edi Subagyo yang menantang petahana Kadris, namun hasil akhir diperoleh Kadris dengan perolehan 974 suara mengalahkan Suharto dengan 852 suara. Perolehan telak diperoleh petahana Desa Bulusulur, Dwi Prasetyo yang memperoleh suara 2.524 suara mengalahkan pesaingnya Karno dengan 543 suara.

Pelaksanaan Pilkades serentak tahap III di Kabupaten Wonogiri berjalan aman, tertib, berjalan lancar, dan tidak ada gesekan sosial sedikit pun. Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha, setelah pemungutan suara, mengatakan masyarakat dapat mengajukan aduan atas hasil pemungutan suara kepada panitia Pilkades pada Kamis dan Jumat (26-27/9/2019).

pilkades-serentak

Pihak keamanan aktif menjaga pelaksanaan pemungutan suara pilkades di Desa Sonoharjo, Kecamatan Wonogiri

Aduan yang bisa disampaikan seperti ada dugaan salah hitung. Namun, hingga Rabu malam belum ada masyarakat yang mengadu ke panitia. Jika masyarakat ingin menyampaikan dugaan pelanggaran pidana, seperti praktik politik uang dapat melaporkan kepada polisi. “Kalau hingga Jumat mendatang tidak ada aduan, cakades terpilih tinggal dilantik 16 Desember mendatang,” kata perempuan yang akrab disapa Fitha itu. (adm)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan