Pembangunan talud jalan Dusun Godean RT 03 dari dana desa tahap kedua capai 100%

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Pemerintah Desa Sendang terus berupaya mempercepat penyerapan Dana Desa yang bersumber dari APBN tahap II. Salah satunya adalah program pembangunan talud jalan yang berlokasi di dusun Godean RT 03 RW 02. Pembangunan talud jalan tersebut menggunakan anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBN melalui APBDes Desa Sendang TA 2019 sebesar Rp. 20.000.000. Saat ini telah mencapai 100%, dengan panjang talud 30 meter dengan ketinggian rata-rata 2,5 meter.

talud-jalan

Foto 0 % saat akan dimulainya pembangunan talud jalan di Dusun Godean RT 03 RW 02 (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Pembangunan talud jalan tersebut menjadi salah satu pengaman badan jalan yang sudah terlebih dulu dicor beton pada tahun lalu. Partisipasi masyarakat Dusun Godean juga cukup besar. Ibu-ibu secara sukarela memberikan bantuan makanan dan minuman kepada para pekerja secara bergiliran. Pembangunan talud yang dilakukan secara swakelola ini dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan target pengerjaannya. Pembangunan talud dengan panjang 30m ini diselesaikan selama 10 hari dengan 9 pekerja terdiri dari 1 mandor, 3 tukang, dan 5 buruh tidak terlatih.

talud-jalan-godean

Foto 50 % pembangunan talud jalan di Dusun Godean RT 03 RW 02 (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Hal yang sangat membanggakan adalah kerjasama yang baik antara masyarakat setempat dengan pemerintah desa Sendang untuk menyelesaikan berbagai kegiatan pembangunan di dusun ini. Masih ada kegiatan serupa di tahap III mendatang, yakni pembangunan talud jalan di RT 05. Sekretaris Desa Sendang, Agung Susanto mengatakan, “Secara umum pengerjaan talud ini berjalan lancar, pengiriman material juga lancar, hanya material batu belah yang agak lambat karena berbarengan dengan pembangunan infrastruktur di desa lain,” jelasnya.

talud-jalan-godean

Foto 100 % pembangunan talud jalan di Dusun Godean RT 03 RW 02 (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Prioritas penggunaan dana desa di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan desa. Salah satunya upaya pencegahan tanah longsor dalam menghadapi musim penghujan dan memperkuat badan jalan melalui pembangunan talud. terutama bila badan jalan tersebut memiliki beda tinggi dengan tanah di sekitarnya. Talud jalan Dusun Godean RT 03 ini sebagai salah satu akses jalan dua warga RT yaitu RT 03 dan RT 05.

“Sebenarnya sesuai dengan RAB bangunan talud jalan ini panjangnya 25 meter, namun ada swadaya material batu belah dari warga setempat, sehingga panjang dapat mencapai 30 meter. Dengan selesainya pembangunan ini diharapkan mendukung kelancaran mobilitas masyarakat dan selanjutnya akan meningkatkan perekonomian warga,” pungkas Agung. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan