KKN PPM UGM sosialisasikan program Gemarikan di dusun Bendorejo

sendang-wonogiri.desa.id | Pada hari Sabtu 10 Agustus 2019 dilaksanakan pertemuan rutin anggota PKK Dusun Bendorejo, Desa Sendang, Wonogiri. Acara ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa KKN-PPM UGM sub unit Desa Sendang untuk memberikan sosialisasi terkait program Gemarikan. Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) adalah program nasional dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan guna mendongkrak konsumsi ikan nasional.

sosialisasi-gemarikan

KKN PPM UGM saat memberikan sosialisasi Program Gemarikan di Dusun Bendorejo, Sabtu (10/8) (Dok.desa.id – Foto : Yuda)

Kegiatan ini dilaksanakan dirumah salah satu kader PKK Dusun Bendorejo, ibu Arianingrum. Acara berlangsung selama satu jam, dimulai pukul 13.00 WIB. Mahasiswa KKN-PPM UGM menyampaikan materi sosialisasi setelah acara mingguan PKK Dusun selesai dilaksanakan. Ibu-ibu tampak antusias karena topik yang diangkat cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari. Yuda, mewakili Tim KKN UGM menyampaikan beberapa fakta menarik seperti sumber daya ikan Indonesia termasuk salah satu yang terbaik di dunia, potensi komoditas perikanan di Desa Sendang, serta macam-macam nutrisi yang dapat diperoleh dari ikan.

Ikan merupakan hewan air yang memiliki gizi, mineral, nutrisi dan vitamin sehingga dipercaya memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung bagi yang gemar mengkonsumsinya. Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan dan mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal dalam mencegah beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dihindari jika makan ikan dan manfaat makan ikan secara teratur yaitu serangan jantung, alzheimer (pikun), penyakit kulit, dan kanker.

potensi-desa

Desa Sendang memiliki cukup potensi di bidang perikanan yang perlu dikembangkan (Dok.desa.id – Foto : Posluhdes)

Secara keseluruhan, acara sosialisasi Gemarikan berjalan dengan lancar tanpa ditemuinya kendala berarti. Tim KKN-PPM UGM mengambil tempat sosialisasi Gemarikan dimulai dari Dusun Bendorejo karena dusun ini memiliki potensi dibidang perikanan. Warga Dusun Bendorejo sebagian besar sebagai pelaku budidaya ikan Nila sistem karamba jala apung di Waduk Gajah Mungkur. Ada pula yang berprofesi sebagai nelayan tangkap dan pedagang ikan segar. Pengolahan hasil perikanan di Dusun Bendorejo berupa ikan goreng, Nugget ikan, Kerupuk ikan, namun hasil produksi belum maksimal.

potensi-desa

Ikan Nila, Patin, Wader, Udang merupakan hasil perikanan Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : Posluhdes)

Sekdes Sendang, Agung Susanto, saat ketika dihubungi reporter sendang-wonogiri.desa.id terkait kegiatan KKN-PPM UGM 2019 mengatakan dengan adanya sosialisasi Gemarikan diharapkan inovasi hasil pengolahan ikan lebih variatif dan meningkat. “Pemdes Sendang sangat berterima kasih kepada para mahasiswa KKN-PPM UGM yang telah mendorong warga kami untuk mengoptimalkan potensi perikanan yang ada. Kami juga dibantu menyusun masterplan desa ikan,” pungkasnya. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan