Kecamatan Wonogiri gelar upacara bendera HUT RI ke-74, wujud kebanggaan atas kemerdekaan

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id │ Pemerintah Kecamatan Wonogiri menggelar upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74, Sabtu (17/8/2019). Upacara kali ini digelar di halaman GOR (Gedung Olahraga) Giri Mandala, Kelurahan Wuryorejo. Sengatan panasnya sinar matahari tidak menyurutkan antusias peserta upacara untuk mengikuti jalannya upacara dengan khidmat. Mulai Forkompincam, Instansi Kecamatan, Kades/Lurah, Perangkat desa/kelurahan, Anggota PPKBD, siswa-siswi SMP/SMA, anggota IGTKI, HIMPAUDI, Puskesmas dan relawan SAR. Sebelum upacara dimulai, peserta disuguhi aksi memukau marching band siswa-siswi SD Kanisius, Giritirto, Wonogiri.

marching-band

Marching band SD Kanisius, Giritirto, Wonogiri, menunjukkan aksinya sebelum upacara bendera HUT RI ke-74 di halaman GOR Giri Mandala, Sabtu (17/8) (Dok.desa.id – Foto : Dea)

Selaku inspektur upacara adalah Camat Wonogiri, Drs. Teguh Setiyono, M.M. Pekik MERDEKA membahana ketika Ia membacakan amanat Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dan ditirukan para peserta. “Sebagai wujud kebanggaan kita sebagai bangsa yang merdeka, sambutlah pekik perjuangan kebangsaan kita : MERDEKA!! MERDEKA!! MERDEKA!!..,” teriak camat untuk mengobarkan semangat.

“Upacara ini sebagai wujud kebanggaan atas nikmat kemerdekaan yang bukan merupakan hadiah dari bangsa penjajah, melainkan hasil perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dan para pendiri bangsa. Rasa bangga merasuk dalam hati sanubari kita bersama, sebagai suatu bangsa yang telah menempuh perjalanan panjang dengan berbagai dinamika. Suka ataupun duka yang dialami bangsa kita, tidak akan pernah menyurutkan langkah kita untuk tetap mencintai dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata dia.

upacara-bendera

Camat Wonogiri, Drs. Teguh Setiyono, M.M membacakan sambutan Bupati Wonogiri saat menjadi Inspektur upacara bendera HUT RI ke-74 di halaman GOR Giri Mandala, Sabtu (17/8) (Dok.desa.id – Foto : Dea)

Lebih lanjut Camat Wonogiri menyampaikan dengan harmonisasi dan kebersamaan, kiranya pola pembangunan yang ada di Kabupaten Wonogiri dapat terus berkelanjutan. Dengan semangat “Sesarengan mBangun Wonogiri”, Kabupaten Wonogiri akan mampu melesat menuju kehidupan yang semakin baik. Tahap demi tahap telah dilakukan, sukses yang diraih adalah berkat dukungan dan peran serta seluruh komponen masyarakat dengan unsur pemerintahan.

Sejumlah indikator keberhasilan, pemerintah berhasil menghadirkan perbaikan infrastruktur jalan, pasar tradisional, fasilitas pendidikan, kesehatan dan pertanian yang tersebar merata di 25 Kecamatan se- Kabupaten Wonogiri. Dan capaian tersebut memberi kontribusi positif pada keberhasilan menekan angka kemiskinan dari 12,98% pada tahun 2016, menjadi 10,7% pada tahun 2018. Kabupaten Wonogiri juga berhasil menerapkan pendidikan gratis, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, layanan kesehatan gratis, revitalisasi pasar tradisional, dan sarana pertanian modern.

upacara-bendera

Kecamatan Wonogiri menggelar upacara bendera HUT RI ke-74 di halaman GOR Giri Mandala, Sabtu (17/8) (Dok.desa.id – Foto : Dea)

Selepas upacara, warga berkerumun meminta foto dengan camat. Antara lain mahasiswa KKN-PPM UGM yang ditempatkan di Desa Sendang dan Desa Pokoh Kidul juga menyempatkan foto bersama dengan Camat Wonogiri, Kades dan perangkat Desa Sendang. Salah satu peserta upacara dari perangkat Desa Sendang, Susanto mengatakan, “Tahun lalu desa kami menggelar upacara 17 Agustus di puncak Joglo, karena padatnya event yang digelar di Sendang maka upacara 17 Agustus tahun ini bergabung dengan pemerintah kecamatan Wonogiri,” sebut dia.

Selain upacara, jelas dia, untuk memeriahkan HUT ke-74 RI, Desa Sendang juga menggelar aneka lomba, antara lain jalan sehat, volley, sepakbola,dan badminton. Sendang juga akan mengikuti pawai budaya tingkat kecamatan Wonogiri yang direncanakan digelar pada Minggu, 18 Agustus 2019, start dari lapangan Sukorejo hingga finish di alun-alun Giri Krida Bhakti. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan