Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) bersama KKN-PPM UGM

WONOGIRI-sendang-wonogiri.desa.id │ Rabu (10/07/2019) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) oleh mahasiswa KKN-PPM UGM Wonogiri 2019. Sosialisasi tersbut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rutin Posyandu Balita di Posyandu Mawar IV Dusun Bendorejo. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB dan diikuti oleh 30 warga Dusun Bendorejo.

sosialisasi-tanaman-obat

Sosialisasi Toga & Gemmass di Posyandu Mawar IV, Rabu (10/7) (Dok.desa.id – Foto : kkn-ugm)

Upaya pengobatan tradisional dengan obat-obatan herbal merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dan merupakan teknologi tepat guna yang potensial untuk menunjang pembangunan kesehatan. Pengobatan tradisional dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman obat keluarga atau biasa disebut dengan TOGA. Tanaman obat keluarga mengacu pada sebidang tanah baik di halaman rumah, kebun maupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

sosialisasi-toga

KKN-PPM UGM melakukan Sosialisasi Toga & Gemmass di Posyandu Mawar IV, Rabu (10/7) (Dok.desa.id – Foto : kkn-ugm)

Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Desa Sendang memiliki beragam tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat diantaranya adalah jeruk nipis, lidah buaya, bawang putih, dan kemangi. Oleh sebab itu, sosialisasi ini dibutuhkan untuk meningkatkan wawasan masyarakat dalam pemanfaatan obat-obatan herbal.

sosialisasi-toga

Warga Dusun Bendorejo mengikuti Sosialisasi Toga & Gemmass di Posyandu Mawar IV (Dok.desa.id – Foto : kkn-ugm)

Sosialisasi diawali dengan pemaparan materi oleh mahasiswa KKN-PPM UGM mengenai pemanfaatan TOGA. Materi Gemmass (Gerakan Makan Makanan Sehat dan Berserat) Project juga menjadi bahan sosialisasi bagi ibu-ibu di Posyandu Mawar IV. Usai paparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini diberikan beberapa doorprize untuk masyarakat yang memberi pertanyaan dan menjawab pertanyaan. (kkn.ugm)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan