Gebyar semangat HUT RI ke-74 dengan jalan sehat di Sendang

WONOGIRI – Minggu (28/8/2019), sejak pagi warga masyarakat yang terdiri dari anak-anak hingga orang tua mulai memadati halaman kantor balai Desa Sendang. Mereka yang berjumlah kurang lebih 300 orang telah menyiapkan diri untuk mengikuti serangkaian acara yang digelar oleh panitia peringatan HUT RI ke 74 di Desa Sendang pada tahun 2019. Salah satunya adalah jalan sehat.

jalan-sehat

Kades Sendang melepas peserta jalan sehat dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 didepan gapura kantor Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : KKN)

Jalan sehat ini mengambil rute dengan start di halaman kantor Desa Sendang menuju Gudang Pakan PT Aqua farm atau didepan Hotel Sido Dadi yang menempuh jarak kurang lebih 2 km dan kembali finish di depan kantor balai Desa Sendang. Jalan sehat kali ini dilepas oleh Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto dengan mengibarkan bendera start tepat pukul 06.30 WIB di depan gapura pintu masuk komplek balai desa.

jalan-sehat

Ratusan peserta mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 di Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : KKN)

Dalam melaksanakan lomba jalan sehat ini panitia dibantu oleh mahasiswa KKN PPM UGM. Mereka membantu proses penyeberangan jalan, pengamanan lalu lintas dan menjaga keselamatan para peserta jalan santai. Sembari jalan santai, warga dapat menikmati udara pagi disepanjang jalan raya yang membentang di pinggiran waduk Gajah Mungkur. Setelah tiba didepan Gudang Pakan PT Aquafarm atau depan Hotel Sido Dadi, para peserta diberikan kupon untuk diundi di lokasi finis.

jalan-sehat

Mahasiswa KKN PPM UGM ikut membantu membagikan kupon undian kepada peserta jalan sehat di depan gudang pakan PT Aqua Farm, Minggu (28/7) (Dok.desa.id – Foto : KKN)

Setelah menempuh rute kurang lebih 45 menit, para peserta telah kembali ke lokasi finis di halaman kantor balai Desa Sendang. Di lokasi finis para peserta disambut dengan musik organ tunggal yang dimainkan oleh Danu, warga Dusun Godean. Bahkan mereka ikut menari mengikuti alunan musik yang dimainkan. Disamping panggung musik yang disediakan panitia, ada pula bazar kuliner yang menyediakan aneka jajanan hasil olahan masyarakat yang dijual dengan harga murah, mulai minuman dawet, soto, bothok ikan, nasi tiwul dan makanan tradisional lainnya.

bazar-kuliner

Kegiatan jalan sehat dilengkapi bazar kuliner menampilkan produk olahan tradisional dari masing-masing dusun di halaman balai desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : KKN)

Disela-sela penampilan musik organ tunggal juga dilakukan undian kupon jalan santai. Banjir hadiah berupa alat-alat rumah tangga mulai dari piring, setrika, kipas angin hingga kompor gas yang telah disiapkan panitia membuat peserta setia menunggu hingga selesainya acara pengundian. Tak mau kalah, para mahasiswa KKN PPN UGM pun ikut berpartisipasi memberikan puluhan hadiah kepada para peserta.

Pada gelar jalan sehat kali ini juga diadakan sosialisasi tentang pentingnya nutrisi bagi anak. Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah stunting pada anak di Desa Sendang. Panitia menggandeng sponsor Susu SGM yang memberikan susu gratis pada anak-anak. Pihak sponsor juga menyediakan arena bermain yang aman sebagai bentuk edukasi bagi orang tua untuk memberikan pendidikan aman bagi anak sejak dini.

sosialisasi-nutrisi

Selain mengikuti jalan santai, peserta juga diberikan sosialisasi tentang pentingnya nutrisi bagi anak di kantor PKK, komplek balai desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : KKN)

Disamping antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan jalan sehat, partisipasi warga dalam mengisi stand pada bazar yang memajang aneka warna olahan tradisonal juga cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga. Kades Sukamto Priyowiyoto memuji antusiasme warga, “Membludaknya warga yang mengikuti jalan santai dan bazar ini tidak semata-mata karena banyaknya hadiah, tapi ini bukti bahwa semangat kebangsaan dan cinta tanah air masyarakat Sendang masih tinggi,” katanya. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan