Optimalisasi potensi destinasi wisata desa, Dispora Wonogiri gelar pelatihan SDM pengelola pariwisata

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Kepemudaan dan Olah raga dan Pariwisata, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bidang tata kelola Destinasi Pariwisata bertempat di Gajah Mungkur Meeting Room, Hotel Diafan Wonogiri. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 1 s/d 2 Juli 2019. Acara ini diikuti oleh 13 kepala desa dan 41 orang pengelola wisata desa di Kabupaten Wonogiri.

pengelola-pariwisata

Ka Dispora Kab. Wonogiri, Sentot Sujarwoko, SH (tengah) saat membuka pelatihan SDM Pengelola Pariwisata di Gajah Mungkur Meeting Room, Hotel Diafan, Senin (1/7/2019) (Dok.desa – foto : Ibnu)

Acara yang dibuka oleh kepala Dinas Kepemudaan dan Olah raga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Wonogiri, Sentot Sujarwoko, S.H mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan dengan menggunakan dana DAK anggaran tahun 2019. Ia menambahkan, setelah selesai pembekalan diharapkan semua potensi–potensi wisata di Wonogiri dapat segera berkembang dengan mengoptimalkan potensi di daerah masing-masing.

pelatihan-pengelola wisata

Kades dan pengelola pariwisata desa mengikuti pelatihan SDM Pengelola Pariwisata yang digelar Dispora Kab. Wonogiri, Senin-Selasa (1-2/7/2019) (Dok.desa – foto : Ibnu)

pelatihan-pengelola-wisata

Pengelola wisata di Desa Sendang (Ferdila, Edi, Ibnu) saat mengikuti pelatihan SDM Pengelola Pariwisata, Senin-Selasa (1-2/7/2019) (Dok.desa – foto : Ibnu)

Adapun 54 peserta pelatihan SDM pengelola obyek wisata ini berasal dari desa-desa yang memiliki objek wisata budaya, alam, dll di Kabupaten Wonogiri. Salah satunya Desa Sendang yang mengirimkan dua pengelola wisata dari BUMDes Sendang Pinilih yakni Ibnu Asmoro selaku sekretaris BUMDes dan Ferdila, staf administrasi BUMDes. Disamping itu Pemerintah Desa Sendang juga mengirimkan Kaur Umum dan Perencanaan, Edi Suminto untuk mendampingi pengelola wisata desa.

Pelatihan-pengelola pariwisata

Azis Yon Haryono (Jogja Tourism Training Center) sebagai narasumber pada pelatihan SDM Pengelola Pariwisata, Senin (1/7/2019) (Dok.desa – foto : Ibnu)

Sebagai narasumber yakni Azis Yon Haryono, Hairullah Gazali, Agung Purwandono, yang sengaja didatangkan dari “Jogja Tourism Training Center“. Pada hari pertama, Senin (1/7) mereka memberikan materi tentang Kebijakan dan Peraturan Kepariwisataan, Standar Usaha Pariwisata, Peningkatan Kompetensi SDM Pariwisata, dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata. Ditengah tengah pelatihan dibuat diskusi kelompok sehingga masing-masing peserta dapat memaparkan kendala–kendala yang terjadi dan mencari solusi dalam mengelola wisata di masing-masing Destinasi.

“Tujuan kegiatan ini sangat bagus untuk penataan destinasi pariwisata kita agar tertata baik dan berdaya saing serta mengajak peran serta lembaga masyarakat di lokasi pariwisata,” ungkap ketua Panitia Agus Sriyanto, S.Pd, M.M yang juga sebagai Ka.Bid Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

pelatihan-sdm

Staf administrasi BUMDes Sendang Pinilih, Ferdila saat menerima sertifikat pelatihan SDM Pengelola Pariwisata, Selasa (2/7/2019) (Dok.desa – foto : Ibnu)

pelatihan-sdm

Peserta pelatihan SDM Pengelola Pariwisata berfoto bersama setelah usainya kegiatan, Selasa (2/7/2019) (Dok.desa – foto : Ibnu)

Pada hari terakhir pelatihan, Selasa (2/7) disampaikan materi tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran destinasi oleh Agung Purwandono. Ia juga melengkapi dengan materi fotografi pariwisata. Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada semua peserta dan juga foto bersama. (Admin-Ibnu)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan