Studi banding Nagari Sitiung di Desa Sendang, upaya optimalisasi tugas pemerintahan nagari

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri kedatangan tamu dari Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Kunjungan kerja atau studi banding ini diikuti Camat Sitiung, Wali Nagari (Kepala Desa), Sekretaris Nagari (Sekretaris Desa), kaur perencanaan, ketua BUM Nagari dan 13 kepala jorong. Rombongan diterima Kades Sendang di ruang kantor PKK Desa Sendang, Senin (24/6/2019). Sehari sebelumnya rombongan telah mengunjungi lokasi wisata desa yang dikelola BUMDes Sendang Pinilih yakni wisata Watu Cenik, Wisata Puncak Joglo dan menyempatkan mampir di obyek wisata Bedhol Desa, komplek bendungan Waduk Gajah Mungkur.

studi-banding

Peserta studi banding dari Nagari Sitiung saat menyimak paparan Kades Sendang di kantor PKK Desa Sendang, Senin (24/6/2019) (Dok.desa – foto : Edi)

Camat Sitiung, Hamidi mengatakan kunjungan kerja ini dalam rangka sharing pelayanan desa dan menambah wawasan serta memperkaya pengetahuan dalam rangka optimalisasi tugas pokok dan fungsi penyelenggaraan Pemerintahan Nagari. “Ada hubungan emosional juga dengan Desa Sendang, kami seperti rombongan pulang kampung, karena banyak kepala jorong kami berasal dari Wonogiri,” tutur Hamidi.

camat-sitiung

Camat Sitiung, Hamidi saat memberikan sambutan pada acara studi banding dengan Desa Sendang, Senin (24/6/2019) (Dok.desa – foto : Edi)

Hal itu diperkuat Wali Nagari (Kepala Desa) Sitiung, Julisman saat memberikan sambutan bahwa hampir 40% penduduk Nagari Sitiung berasal dari Wonogiri yang mengikuti program transmigrasi tahun 1976. Saat ini penduduk pendatang yang berasal dari transmigran (Wonogiri) dengan penduduk lokal (Minang) saling bahu membahu membangun Nagari. Ia berencana membangun balai pertemuan warga berbentuk Joglo untuk disandingkan dengan bangunan Minang dengan tujuan mempererat persaudaraan dan kerukunan warga lokal dan pendatang. “Dengan kunjungan kerja ke Desa Sendang, Wonogiri kami harapkan menambah wawasan dan sharing informasi terkait pelayanan administrasi desa, pengelolaan anggaran, dan pengelolaan BUMDes. Mungkin kedepan bisa dijalin kerjasama Nagari Sitiung dan Desa Sendang,” ungkap Julisman.

studi-banding

Camat Wonogiri, Teguh Setiyono saat memberikan sambutan pada acara studi banding Nagari Sitiung di Desa Sendang, Senin (24/6/2019) (Dok.desa – foto : Edi)

Dalam acara pemaparan dan diskusi yang dilaksanakan di kantor PKK Desa Sendang turut hadir Camat Wonogiri, Teguh Setiyono. Ia berharap rombongan studi banding dari Nagari Sitiung memperoleh kesan memorial yang baik. “Kades Sendang punya komitmen untuk membangun desa. Sendang dulunya tandus, gersang, namun sekarang Sendang sudah memberi warna untuk Wonogiri. Banyak even skala nasional bahkan internasional digelar disini. Ada diklat olahraga paralayang, kejuaraan downhill internasional serta kunjungan wisatawan mancanegara,” jelasnya.

paparan-bumdes

Sekretaris BUMDes Sendang Pinilih, Ibnu Asmoro saat pemaparan materi pada studi banding dengan Nagari Sitiung, Senin (24/6/2019) (Dok.desa – foto : Edi)

Paparan profil Desa Sendang yang berisi layanan administrasi desa, pengelolaan dana desa dan program pelestarian budaya disampaikan oleh Sekdes Sendang, Agung Susanto. Materi pengelolaan BUMDes dipaparkan oleh sekretaris BUMDes Sendang Pinilih, Ibnu Asmoro. BUMDes Sendang bergerak di bidang jasa pariwisata dan kios pembayaran online, sedangkan BUMNag Sitiung memiliki usaha penggilingan padi dan pengemasan beras. ”Kami mohon maaf apabila dalam paparan ada yang tidak mengena. Ini adalah ajang silaturahmi dan semata-mata ini untuk belajar serta sharing, berbagi pengalaman dan berbagi ilmu,” kata Ibnu Asmoro, Sekretaris BUMDes Sendang Pinilih saat menutup paparan.

studi-banding

Wali Nagari Sitiung menyerahkan miniatur rumah adat Minang kepada Kades Sendang pada acara studi banding kedua desa di kantor PKK Desa Sendang, Senin (24/6/2019) (Dok.desa – foto : Edi)

studi-banding

Kades Sendang menyerahkan lukisan hasil karya Gondrong Kamsuri kepada Wali Nagari Sitiung pada acara studi banding kedua desa di kantor PKK Desa Sendang, Senin (24/6/2019) (Dok.desa – foto : Edi)

Acara ditutup dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama. Wali Nagari Sitiung, Julisman menyerahkan maket miniatur rumah adat Minang yang diterima langsung Kades Sendang. Sukamto Priyowiyoto, Kades Sendang membalas menyerahkan cinderamata berupa lukisan foto wajah Bupati, Wabup Wonogiri dan Kades Sendang hasil karya Gondrong Kamsuri, seniman lukis dari Desa Sendang. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan