SD Negeri 3 Sendang gelar acara pelepasan siswa kelas VI

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Usai melaksanakan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018-2019 yang berlangsung dari tanggal 22 sampai 24 April 2019 SDN 3 Sendang, Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri, Sabtu siang (15/6/2019) menggelar acara pelepasan siswa kelas VI. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SDN 3 Sendang tersebut dihadiri oleh Kades Sendang, Kepala Sekolah, para guru, ketua komite, para orang tua siswa kelas VI dan seluruh siswa kelas VI.

pelepasan-siswa

Para wali murid menghadiri acara pelepasan siswa kelas VI, Sabtu (15/6/2019) (Dokumen desa.id – foto : Hari)

Ada pemandangan mengharukan pada acara gelaran pelepasan kali ini tatkala semua petugas mulai dari pembawa acara (Fathul Qorib), dirijen (Alya Saputra), hingga pembaca doa (Imah) adalah murid-murid kelas VI. Ini menunjukkan bahwa murid SDN 3 Sendang telah mampu mengemban tugas yang diberikan oleh bapak ibu gurunya.

Kepala SDN 2 Sendang, Danang Wibowo, S.Pd. mengatakan saat ini SDN 3 Sendang memiliki 87 murid. Pada tahun 2019 ini Sebanyak 23 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dinyatakan lulus sekolah. Dalam sambutannya ia menuturkan bahwa acara pelepasan murid kelas VI dilaksanakan dengan sederhana. “Saya selaku kepala sekolah sangat bersyukur anak-anak kelas VI semua lulus dengan menggembirakan. Mulai hari ini kami menyerahkan kembali anak-anak ini kepada bapak ibu wali murid untuk dibina, diawasi dan semoga mendapatkan sekolah yang diidam-idamkan,” papar Kasek.

pelepasan-siswa

Kepala Sekolah SDN 3 Sendang, Danang Wibowo, S.Pd saat memberikan sambutan pada acara pelepasan siswa kelas VI, Sabtu (15/6/2019) (Dokumen desa.id – foto : Hari)

Disamping itu Kasek juga mengharapkan kepada orang tua khususnya warga masyarakat Desa Sendang untuk menyekolahkan anak-anaknya ke SDN 3 Sendang. Disamping untuk menghidup-hidupkan kelestarian keberadaan sekolah, pengawasan orang tua terhadap anak juga lebih dekat. “Saya berharap agar anak-anak ini nanti bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya sesuai cita-citanya, bisa menjadi anak yang baik sesuai harapan orang tua,” ungkapnya.

Senada dengan kepsek atas nama orang tua murid yang diwakili oleh ketua komite Riyadi menambahkan, rasa syukurnya karena setelah enam tahun menempuh pendidikan dari kelas 1s/d 6 kini para siswa kelas VI telah dapat menempuh pendidikan dengan baik. Ia memberikan semangat kepada para siswa untuk lebih semangat belajar dan berdoa agar mampu meraih cita-cita yang diidamkan.

pelepasan-siswa

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat memberikan sambutan pada acara pelepasan siswa kelas VI, Sabtu (15/6/2019) (Dokumen desa.id – foto : Hari)

Sementara itu Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto mengatakan, “Sebagaimana bapak Kepala Sekolah sampaikan, saya juga meminta agar semua alumni SDN 3 Sendang dapat menjaga nama baik SDN 3 Sendang dan teruslah belajar dengan baik agar mampu meraih cita-cita yang diidamkan, dan para orang tua supaya berusaha agar anak-anak dapat melanjutkan pendidikan formal yang lebih tinggi. Anak-anak jangan bercita-cita jadi kepala desa ya…, jadilah pejabat yang lebih tinggi lagi,” kelakarnya.

pelepasan-siswa

Pembaca ikrar (Elysia Hastuti) pada acara pelepasan siswa kelas VI, Sabtu (15/6/2019) (Dokumen desa.id – foto : Hari)

Pada acara yang berlangsung sederhana namun khidmat tersebut juga dilaksanakan prosesi ikrar kata perpisahan dari siswa kepada guru. Elysa Hastuti mewakili siswa kelas VI dan Puji Astuti, S.Pd mewakili guru SDN 3 Sendang yang kebetulan segera menunaikan tugas baru sebagai Kepala Sekolah di SDN 2 Sendang. Setelah usai acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Imah (siswa kelas VI). (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan