Campursari dan rebana Paguyuban Rawit Sari Mulya Dusun Jajar menuju ikon seni Desa Sendang

sendang-wonogiri.desa.id │ Paguyuban Kesenian Rawitsari Mulya Dusun Jajar, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri, pada hari Rabu (5/6) mementaskan Kesenian Campursari dan Kesenian Rebana pada acara Halal bi Halal Dusun Jajar tahun 2019. Acara Halal bi halal tersebut bertempat di rumah Sumadi Warga dusun Jajar. Sebelum hari pementasan mereka mengadakan latihan setiap malam bakda shalat tarawih pada bulan Ramadan.

Anak-anak binaan paguyuban seni Rawitsari Mulya, Dusun Jajar memainkan seni rebana pada acara halal bi halal Dusun Jajar, Rabu (5/6) (Dok.desa.id – foto : Hendra)

Dusun Jajar merupakan salah satu dusun di Desa Sendang yang memiliki potensi di bidang kesenian. Paguyuban Rawitsari Mulya merupakan bentuk persatuan/ wadah dari berbagai jenis kesenian di dusun Jajar. Jenis Kesenian tersebut adalah Seni Karawitan, Seni Rebana, Seni Campursari, Seni Tari dan Seni Dekorasi. Tujuan dibentuknya Paguyuban Rawitsari Mulya adalah untuk mengembangkan Potensi Kesenian yang ada di dusun Jajar serta diharapkan melalui bidang Kesenian akan terwujud persatuan dan kesatuan warga dusun Jajar khususnya, serta masyarakat Desa Sendang pada umumnya.

Paguyuban seni Rawitsari Mulya, Dusun Jajar memainkan seni rebana pada acara halal bi halal Dusun Jajar, Rabu (5/6) (Dok.desa.id – foto : Hendra)

seni-rebana

Paguyuban Rawitsari Mulya saat mengisi acara halal bi halal Dusun Jajar (Dok. desa.id – foto : Hendra)

Dengan Penanggung Jawab Sukamto Priyowiyoto (Kepala Desa Sendang), Pembina Triman S.Pd (Ketua Rw 03 dusun Jajar), Ketua Hendra Setyawan, S.I.Pust dan seluruh anggota paguyuban saling bahu membahu dalam berupaya melestarikan kesenian yang adi luhung tersebut. Paguyuban Rawitsari Mulya berdiri pada tanggal 20 Juli 2015 dan telah mendapatkan Piagam Pengesahan Paguyuban dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 15 April 2019. Jumlah anggota yang tergabung di Paguyuban Rawitsari Mulya hingga saat ini ada 90 orang yang seluruhnya adalah warga dusun Jajar.

seni-rebana

Paguyuban Rawitsari Mulya saat mengisi acara halal bi halal Dusun Jajar (Dok. desa.id – foto : Hendra)

“Paguyuban Rawitsari Mulya sangat terbuka terhadap masukan dan arahan dari berbagai pihak terhadap kemajuan kesenian di dusun Jajar. Harapannya dusun Jajar melalui Paguyuban Rawitsari Mulya bisa berkembang dan tetap eksis menjadi ikon Kampung Seni di Desa Sendang. Kedepan Paguyuban Rawitsari Mulya diharapkan menjadi bagian dari Program Pemerintah Desa Sendang menuju Desa Wisata dan Desa Unggulan di Kabupaten Wonogiri,” pungkas Hendra, ketua Paguyuban Rawitsari Mulya. (Hendra)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan