Koordinasi awal KKN-PPM UGM tahun 2019 di kecamatan Wonogiri

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada TAHUN 2019 yang dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rizqiani Amalia Kusumasari, S.Si., M.Sc dan 3 orang mahasiswa telah tiba di Kecamatan Wonogiri. Rombongan tim KKN UGM disambut Camat Wonogiri, Teguh Setiyono di ruang kerjanya pada Rabu (22/5). Teguh Setiyono didampingi Sekretaris Kecamatan Wonogiri, Suparno, Pj Kepala Desa Pokoh Kidul, Heru Sunarko, dan Sekdes Sendang, Agung Susanto.

Rombongan Tim KKN-PPM UGM tahun 2019 diterima Camat Wonogiri di kantor kecamatan Wonogiri, Rabu (22/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

Camat Wonogiri menyambut baik kedatangan tim KKN UGM dan menyatakan kesediaan wilayahnya dijadikan lokasi KKN-PPM UGM tahun 2019. Dan adanya koordinasi lebih awal Tim KKN-PPM UGM dengan pemerintah setempat sebelum penerjunan KKN secara resmi maka akan didapat fakta dilapangan apa yang dibutuhkan desa. Rencananya KKN UGM 2019 yang dipimpin DPL dr ini akan ditempatkan di Desa Sendang dan Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri.

Rombongan Tim KKN-PPM UGM tahun 2019 bersama Camat Wonogiri, Sekdes Sendang, dan Pj. Kades Pokoh Kidul (Dok. desa.id – foto : Agung)

“Sebaiknya ada survey pendahuluan. Lebih baik berdarah-darah didepan tapi akhirnya kita bisa peroleh data yang akurat. Harapan kami setelah KKN selesai, desa memperoleh laporan atau dokumen yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menentukan kebijakan. Sehingga desa mudah dalam menentukan alokasi anggaran,” ujar Teguh Setiyono saat menyambut kedatangan tim relawan KKN UGM.

Setelah mendapat penjelasan singkat terkait kondisi Desa Sendang dan Desa Pokoh Kidul, Tim KKN UGM segera melakukan koordinasi terkait rencana kegiatan. Kondisi lapangan memperlihatkan lokasi dua desa yang berbeda topografinya. Desa Sendang dengan pegunungan berbatu dan Desa Pokoh Kidul merupakan dataran rendah. Kedua desa tersebut sama-sama memiliki wilayah yang langsung berbatasan dengan Waduk Gajah Mungkur.

Rombongan Tim KKN-PPM UGM tahun 2019 tiba di kantor balai Desa Pokoh Kidul, Rabu (22/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

DPL, Rizqiani Amalia Kusumasari, S.Si., M.Sc mengatakan rencananya KKN UGM akan diterjunkan mulai tanggal 28 Juni 2019 hingga 18 Agustus 2019 mendatang. “Tim KKN UGM yang diterjunkan di Kecamatan Wonogiri ini terdiri dari 30 mahasiswa yang akan ditempatkan di dua desa yakni Sendang dan Pokoh Kidul. Masing-masing desa ada 15 orang. Mereka terdiri dari 4 kluster, yakni Medika, Saintek, Soshum, dan Agro. Ini KKN tematik tapi kami nanti akan melihat fakta di lapangan, fleksibel. Kita identifikasi apa kebutuhan desa,” katanya.

Rombongan Tim KKN-PPM UGM tahun 2019 tiba di kantor balai Desa Sendang, Rabu (22/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

Ia beserta rombongan melanjutkan survei dan koordinasi dengan Pemerintah Desa Pokoh Kidul dan Desa Sendang. Dalam kesempatan itu rombongan mendapatkan data awal tentang potensi dan masalah yang dihadapi dari kedua desa tersebut. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan