TP PKK Kabupaten Wonogiri lakukan pembinaan terhadap TP PKK Desa Sendang

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri yang diwakili Pokja IV, Senin (20/5/2019) pagi berkunjung ke kantor PKK Desa Sendang. Kunjungan ini dalam rangka Pembinaan TP PKK Desa Sendang.

TP PKK Desa Sendang menerima pembinaan dari TP PKK Kabupaten Wonogiri di kantor TP PKK Desa Sendang, Senin (20/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

Pembinaan ini guna menggerakkan TP PKK Desa untuk terus aktif dalam kegiatan PKK yang sudah tercantum dalam 10 program PKK yakni penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong-royong, pangan, sandang, perubahan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan koperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat.

Acara dibuka oleh Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, serta dihadiri oleh pengurus Pokja IV PKK Kabupaten Wonogiri, Camat Wonogiri, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Wonogiri dan Tim dari Puskesmas Wonogiri II.

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat membuka acara pembinaan dari TP PKK Kabupaten Wonogiri di kantor TP PKK Desa Sendang, Senin (20/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

Dalam sambutannya, Kades Sendang, mengatakan bahwa pembinaan PKK Desa Sendang ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengenalan para tim PKK desa terhadap pengertian dan pemahaman tentang PKK. Mulai dari tertib administrasi hingga kemampuan memanfaatkan lahan kosong di lingkungan rumah untuk budidaya tanaman. Ia sengaja meminta pembinaan dari Tim Penggerak PKK kecamatan maupun kabupaten karena melihat semangat ibu-ibu PKK untuk memajukan PKK desanya.

Pada kesempatan itu, Camat Wonogiri, Teguh Setiyono, menyampaikan dengan adanya pembinaan PKK ini diharapkan PKK Desa Sendang dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa Sendang untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Berangkat dari situasi yang ada, mari ibu-ibu PKK bergerak untuk membangun desa. PKK Desa Sendang sangat potensial. Mulailah dengan pemanfaatan lahan sekitar rumah. Mungkin bisa dimulai studi banding ke desa lain yang lebih maju, seperti di Desa Glesung,” jelasnya.

Camat Wonogiri, Teguh Setiyono (berpeci) saat memberikan sambutan pada acara pembinaan TP PKK Desa di kantor TP PKK Desa Sendang, Senin (20/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

Ia menambahkan, tujuan pembinaan yang dilakukan antara lain untuk menumbuhkan motivasi serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian desa dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di Desa Sendang guna membangun masyarakat yang sejahtera.

Sementara itu, anggota Pokja IV PKK Kabupaten Wonogiri, Ny. Setyowati yang didampingi Ny. Sri Wahyuni Edi, mengatakan salah satu pembinaan ini yang terpenting adalah tertib dalam administrasi. “Administrasi PKK dimulai dari Dasa Wisma. Mengingat Dasa Wisma menjadi solusi dalam mencapai kesejahteraan keluarga, dirinya mengharapkan kepada anggota PKK kecamatan untuk memberikan petunjuk dalam pengisian administrasi sehingga kader – kader Dasa Wisma tidak merasa ragu dalam pengisian buku,” ujar Ny. Setyowati, yang kerap disapa Bunda Pieter ini.

Ny. Setyowati (kedua dari kiri), Pokja IV TP PKK Kabupaten Wonogiri saat memberikan pembinaan terhadap TP PKK Desa Sendang, Senin (20/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

Pihaknya menambahkan dalam rangka pembinaan ditekankan TP PKK desa berpedoman pada Rakernas VIII tahun 2015 dengan memperhatikan Rakon TP PKK Kabupaten Wonogiri tanggal 5 Maret 2019. Tidak lupa pihaknya mengatakan untuk menyamakan persepsi baik di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, agar sesuai dengan hasil Rakernas VIII tahun 2015. Hal-Hal yang perlu diseragamkan antara lain dari sisi kelembagaan, struktur dan administrasi.

Ibu-ibu PKK Desa Sendang menerima pembinaan dari TP PKK Kabupaten Wonogiri di kantor TP PKK Desa Sendang, Senin (20/5/2019) (Dok. desa.id – foto : Agung)

“Administrasi yang perlu disempurnakan disini adalah Bidang kelembagaan PKK, Bidang Rencana Kerja, Bidang Administrasi PKK, Program Pokja I,II,III dan IV, mengumpulkan data dan informasi 10 program pokok PKK secara cepat, tepat dan akurat dan menyeluruh,” pungkasnya. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan