Peningkatan mutu pelayanan, Puskesmas Wonogiri 1 gunakan antrian pasien mandiri (APM)

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id │ Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat perlu meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Sebagaimana halnya juga dilakukan di UPTD Puskesmas Wonogiri 1, terus melakukan berbagai upaya guna memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggunakan mesin Antrian Pasien Mandiri atau APM.

mesin-antrian

Sutanto, petugas keamanan UPTD Puskesmas Wonogiri 1 saat melakukan pemindaian kartu milik pasien di mesin APM (Dok. desa.id – foto : mBing)

Saat ini UPTD Puskesmas Wonogiri 1 menempati gedung baru di jalan P. Diponegoro 97, Wonogiri. Tempat yang strategis, berada di jalur utama jalan provinsi dan membawahi 8 desa dan 1 kelurahan sehingga setiap hari banyak mendapatkan kunjungan pasien. Untuk itu, penggunaan teknologi mesin antrian memang sangat diperlukan. “Mulai Senin, 25 Pebruari 2019 kami menggunakan APM / Antrian Pasien Mandiri dalam memberikan pelayanan,” kata dr. Pitut kristiyanta Nugraha,MM Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

Lebih lanjut dikatakan oleh dr. Pitut bahwa APM atau Antrian Pasien Mandiri, keberadaannya untuk mempersingkat antrian. Awalnya sebagian besar masyarakat pengunjung di UPTD Puskesmas Wonogiri 1 masih bingung dan canggung berkaitan penggunaan nomer digital. Namun diharapkan kedepan pasien akan terbiasa dan lebih memudahkan dalam menerima pelayanan kesehatan.

mesin-antrian

Sutanto, petugas keamanan UPTD Puskesmas Wonogiri 1 membantu pasien menggunakan mesin APM (Dok. desa.id – foto : mBing)

“Kami terus melakukan upaya peningkatan dalam pelayanan kesehatan, saat ada pasien datang, langsung dipandu oleh petugas dalam mengambil nomor antrian di mesin “touch screen” yang mirip dengan ATM yang sudah digunakan perbankan, kemudian dipersilahkan untuk menunggu panggilan sesuai jenis pelayanan yang dikehendaki pasien,” tambahnya.

Ada tiga keuntungan utama yang diperoleh UPTD Puskesmas Wonogiri 1 setelah menggunakan mesin antrian yaitu sistem automatis, kenyamanan pasien, dan efisiensi biaya. Mesin antrian dapat mengatur sistem antrian pasien secara automatis, sehingga tidak perlu lagi untuk berbaris atau berdesakan untuk mendapatkan layanan dari tempat pendaftaran. Dengan menggunakan mesin antrian pasien jadi lebih merasa nyaman dan menjadi lebih puas karena pelayanan bisa lebih produktif. Dengan sistem installasi yang lebih mudah dan menggunakan perangkat terjangkau namun memiliki kualitas terbaik, anggaran biaya untuk mesin antrian bisa ditekan seminim mungkin. (admin-mBinG)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan