Ciptakan kondusifitas kamtibmas, Polres Wonogiri gelar binluh linmas Sendang

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, aman serta pelayanan kepada masyarakat dipandang perlu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan kamtibmas menjelang pemilu April 2019 mendatang. Terkait hal tersebut, Sat Binmas Polres Wonogiri menggelar binluh (bimbingan dan penyuluhan) kepada kurang lebih 25 anggota linmas Desa Sendang, Rabu (20/2/2019). Kegiatan tersebut digelar di ruang pertemuan PKK Desa Sendang mulai pukul 19.30 WIB.

binluh-linmas

Sat Binmas Polres Wonogiri gelar Binluh linmas di Sendang, Rabu (20/2/2019) (Dok.desa.id – Foto : Agung)

Sekdes Sendang, Agung Susanto, SE saat membuka acara tersebut menyampaikan terima kasih atas bantuan Linmas Desa Sendang yang telah membantu pengamanan mulai dari Pilbup, Pilgub hingga Pilkades Desember 2018 kemarin. Ia meminta linmas tetap waspada dan peka terhadap situasi yang berkembang dilingkungan sekitarnya. “Linmas adalah ujung tombak keamanan lingkungan desa, lebih-lebih menjelang perhelatan pemilu legislatif dan pilpres yang tinggal dua bulan lagi,” jelasnya.

binluh-linmas

Danton Linmas, Sekdes dan IPDA Edi Santoso, SH saat menghadiri Binluh linmas di Desa Sendang, Rabu (20/2/2019) (Dok.desa.id – Foto : Agung)

IPDA Edi Santoso, SH, Kanit Kamsa dari Sat Binmas Polres Wonogiri saat menyampaikan materi pada binluh mengatakan, keamanan menjadi patokan utama pembangunan nasional. Selain itu keamanan menjadi tanggung jawab semua warga negara. Ia menambahkan, polisi dalam melaksanakan tugas pengamanan dibantu oleh PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil), Polsus (Polisi Khusus) seperti Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api), Polhut (Polisi Kehutanan) dan Pamswakarsa.

binluh-linmas

Anggota Linmas Sendang saat ikuti Binluh linmas di Sendang, Rabu (20/2/2019) (Dok.desa.id – Foto : Agung)

Pamswakarsa terdiri dari satuan pengamanan (Satpam). Satpam dibentuk dan dilatih oleh polisi. “Jika ada warga yang berminat saat ini telah dibuka pendidikan Gada Pratama sebagai wadah pendidikan bagi satpam. Pendidikan dilaksanakan oleh BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan), nantinya akan diberikan sertifikat satpam diakhir pendidikan,” papar IPDA Edi Santoso, SH.

IPDA Edi Santoso, SH juga mengingatkan kepada anggota Linmas Desa Sendang terkait bantuan keamanan lingkungan menjelang pemilu legislatif dan pilpres mendatang. Linmas akan mendapatkan tugas menjaga keamanan pelaksanaan pemilu di TPS. “Sudah tidak ada Gastib, tapi nanti ada Linmas yang memiliki peran sangat penting. Mulai sekarang supaya dilengkapi kelengkapan Linmas, mulai seragam, rompi, hingga lampu kedip jika diperlukan pengamanan lalu lintas di jalan,” pungkasnya. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan