Upaya desa menyehatkan para manula dengan membentuk posyandu lansia

sendang-wonogiri.desa.id │ Pada umumnya masyarakat berpendapat bahwa posyandu hanya penting bagi balita. Karena menurut mereka hanya balita yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya. Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Disinilah keberadaan posyandu lansia sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

posyandu-lansia

Pembentukan posyandu lansia di dusun Prampelan, Desa Sendang, Kamis (7/2/2019) (Dok. desa.id – foto : Hani)

Dengan latar belakang inilah, Pemerintah Desa Sendang bekerja sama dengan Puskesmas Wonogiri II dan kader dusun Prampelan, membentuk Posyandu Lansia di dusun Prampelan. Posyandu yang resmi dibuka oleh Sekdes Sendang, Agung Susanto, SE pada hari Kamis (7/2/2019) ini berlokasi di rumah Kadus Prampelan. Dalam sambutannya, Sekdes menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Sendang saat ini sedang memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan. Dan posyandu lansia ini menjadi salah satu program yang mendapat perhatian dari Pemerintah Desa Sendang di samping program-program lain seperti rehab rumah tidak layak huni (RTLH), pemberian PMT balita di Posyandu, PMT untuk balita gizi kurang serta pemberian insentif untuk kader posyandu.

posyandu-lansia

Supartono, Tim Puskesmas Wonogiri 2 saat memberikan penjelasan tentang manfaat dibentuknya posyandu lansia (Dok. desa.id – foto : Hani)

Dalam pembukaan posyandu lansia di dusun Prampelan ini, turut hadir tim dari Puskesmas Wonogiri 2 yang dipimpin oleh Supartono, SKM.MPH. Dalam sambutannya, Supartono membeberkan berbagai manfaat dan tujuan dibentuknya posyandu lansia. “Tujuan umum dari posyandu lansia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, dan meningkatkan kemandirian,” jelasnya.

posyandu-lansia

Timbang badan bagi para manula di posyandu lansia dusun Prampelan (Dok. desa.id – foto : Hani)

Ia menambahkan, ada beberapa manfaat yang didapat dari posyandu lansia, yakni mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar. Di posyandu ini para lansia akan diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan, baik keluhan saat ini, tekanan darah, pemeriksaan kimia darah (kolesterol, gula darah asam urat), dan sebagainya. Posyandu lansia biasanya rutin mengadakan senam ringan yang sesuai untuk usia mereka. Selain itu, banyak terdapat penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi lansia.

posyandu-lansia

Pemeriksaan kesehatan bagi manula di posyandu lansia dusun Prampelan (Dok. desa.id – foto : Hani)

Manfaat lain dari posyandu lansia adalah mempertahankan kesehatan psikologis lansia. Saat menghadiri posyandu, para lansia akan bertemu dengan sebayanya, mereka akan saling berkomunikasi dan berinteraksi. Hal tersebut akan menjadi obat kesepian dan kesedihan mereka. Di posyandu lansia, mereka juga diajak untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

posyandu-lansia

Para kader posyandu yang mengelola posyandu lansia Dusun Prampelan (Dok. desa.id – foto : Hani)

Banyak sekali manfaat yg didapat di posyandu lansia. Maka dari itu, perlu dukungan dari keluarga agar bisa memotivasi para lansianya agar bisa datang ke posyandu sehingga kesehatannya terpantau. Dalam kesempatan itu disepakati bersama bahwa pertemuan posyandu lansia dusun Prampelan akan diadakan setiap tanggal 7 tiap bulannya. (Hani-Pustu)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan