Kelas bumil sendang kinasih di awal tahun 2019

sendang-wonogiri.desa.id – Pertemuan kelas ibu hamil di desa Sendang merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Seperti halnya dengan pertemuan Selasa (29/1/2019) ini, kelas bumil “Sendang Kinasih” mengambil dua materi yaitu Perawatan Payudara yang disampaikan oleh bidan Sri Lestari dan Penyakit Tidak Menular oleh Endang Puji Astuti, SKM.MM.

kelas-bumil

Pertemuan kelas bumil sendang kinasih di bulan januari 2019 (Dok. desa.id – foto : agung)

Perawatan payudara penting dilakukan selama masa hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan payudara merupakan satu-satunya penghasil ASI yang merupakan makanan pokok bagi bayi baru lahir. ASI merupakan makanan ideal bagi bayi dengam komposisi terlengkap yang tidak bisa ditandingi oleh susu formula buatan manusia. Selanjutnya ASI menjadi makanan utama sang buah hati, selain karena kegunaannya sebagai makanan utama, ASI juga berperan dalam mendekatkan kedekatan jiwa antara sang ibu dan sang anak. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau anak yang mendapatkan ASI eksklusif dari sang ibu akan cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI.

kelas-bumil

Para peserta dan pemateri pada pertemuan kelas bumil sendang kinasih di bulan januari 2019 (Dok. desa.id – foto : agung)

ASI juga mempunyai keunggulan lain untuk pembentukan sistim imun sang bayi.Sistem imum merupakan sistem yang sangat krusial untuk sang bayi, semakin baik sistem imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI mempunyai sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik. Sedangkan manfaat perawatan payudara selama hamil antara lain menjaga kebersihan payudara terutama area puting susu, melenturkan dan menguatkan puting susu sehingga memudahkan bayi menyusu nantinya, merangsang kelenjar air susu sehingga produksi bisa banyak dan lancar, mendeteksi dini bila ada kelainan di payudara serta mempersiapkan mental agar lebih siap untuk menyusui bayi.

kelas-bumil

Pertemuan kelas bumil sendang kinasih di bulan januari 2019 (Dok. desa.id – foto : agung)

Materi yang kedua yaitu tentang Penyakit Tidak Menular juga tidak kalah penting untuk para ibu hamil. Agar nantinya para ibu ini bisa tahu cara menjaga kesehatannya serta seluruh anggota keluarga termasuk memberikan makanan yang sehat serta bergizi seimbang untuk keluarga. Perlu diketahui bahwa sekarang ini banyak sekali ditemui penderita hipertensi, DM dll. Dimana penyakit-penyakit seperti itu diakibatkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak / kurang sehat.

Mengawali kegiatan di awal tahun ini, peserta kelas ibu hamil agak mengalami penurunan dibanding pertemuan-pertemuan sebelumnya. Banyak faktor yang melatarbelakangi, salah satunya kurangnya sosialisasi tentang kegiatan ini. Maka dari itu, bidan desa berharap semua elemen yang ada di desa bisa turut serta memotivasi ibu hamil untuk bisa hadir serta ikut mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat warga desa Sendang. (hani-pustu)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan