BPKP Jateng kunjungi Sendang, tinjau lokasi kegiatan yang didanai dana desa

sendang-wonogiri.desa.id │ BPKP atau Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Desa Sendang pada Selasa (24/1/2019) guna meninjau pelaksanaan kegiatan yang didanai dengan dana desa yang bersumber dari APBN.

Tim BPKP beserta rombongan hadir sekitar pukul 09.00 WIB, Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto beserta seluruh staf perangkat desa menyambut di ruang kades. Seluruh dokumen kegiatan yang telah dilaksanakan dan didanai dari dana desa telah dipersiapkan.

bpkp-jateng

Tim evaluasi BPKP Jateng didampingi sekdes dan bendahara Desa Sendang mengecek laporan keuangan dalam aplikasi siskeudes (Dok. desa.id – foto : agung)

Setelah acara penyambutan selesai, tim BPKP melanjutkan kegiatan inti yaitu melakukan monitoring dengan mengecek dokumen-dokumen administrasi, terutama pengelolaan keuangan desa dengan menggunakan aplikasi siskeudes (sistem keuangan desa). Setelah data yang diperlukan oleh BPKP lengkap, dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi kegiatan infrastruktur dan rehab rumah KK miskin. Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto mengatakan, dengan adanya kunjungan dari BPKP diharapkan dapat menambah semangat kerja aparatur pemerintah desa serta menertibkan administrasi khususnya pembukuan keuangan negara.

bpkp-jateng

Tim evaluasi BPKP Jateng didampingi kades,sekdes dan bendahara Desa Sendang kunjungi hasil pekerjaan jalan makadam penghubung dua dusun (Dok. desa.id – foto : agung)

Dalam peninjauan lokasi, Kades Sukamto Priyowiyoto mengatakan bahwa dengan adanya kunjungan dari BPKP ini diharapkan kinerja aparatur pemerintah desa menjadi lebih baik. “Tentunya kami menerima segala masukan dari tim BPKP,” tambahnya.

bpkp-jateng

Tim evaluasi BPKP Jateng kunjungi wisata puncak joglo yang dikelola BUMDes Sendang Pinilih (Dok. desa.id – foto : agung)

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke dua destinasi wisata Desa Sendang yang dikelola oleh BUM Desa. Rombongan Tim evaluasi dari BPKP didampingi kades, sekdes dan bendahara desa menuju wisata puncak Joglo dan Wisata Watu Cenik. Disela-sela kegiatan penutup, tim evaluasi dari BPKP Provinsi Jawa Tengah, Nurwarmanto mengatakan bahwa semua hasil evaluasi dari tim akan disimpulkan berbentuk resume yang akan dituangkan dalam laporan ke bupati. Rencananya, Jumat (25/1/2019) semua desa yang menjadi sampel evaluasi akan diundang di kantor Dinas PMD untuk menandatangani resume hasil evaluasi. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan