Musrenbangdes membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa di bidang kesehatan

sendang-wonogiri.desa.id – WONOGIRI │Pembangunan bidang kesehatan memerlukan peran multisektor, karena masalah kesehatan merupakan masalah yang sangat kompleks. Ilmu yang digunakan dalam penyelesaian memerlukan multidisiplin ilmu pengetahuan, serta subjek pelaksana pembangunan kesehatan berasal dari berbagai pihak.

musrenbang-manjung

Kegiatan musrenbangdes Desa Manjung (Dok. desa.id – foto : mBing)

Masyarakat sangat berperan didalamnya sehingga memiliki porsi yang perlu diperhitungkan dalam penyelesaian pembangunan bidang kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Dan di masyarakat ada beberapa forum pertemuan maupun upaya kesehatan yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembangunan bidang kesehatan.

musrenbang-purworejo

Kegiatan musrenbangdes Desa Purworejo (Dok. desa.id – foto : mBing)

Salah satu forum di masyarakat yang bisa digunakan dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan adalah melalui Musrenbangdes. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholders) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang desa dilakukan setiap bulan Januari – Pebruari dengan mengacu kepada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

musrenbangdes-sendang

Kegiatan Musrenbangdes Desa Sendang (Dok.desa.id – foto : Edi)

Musrenbang Desa yang dilaksanakan di wilayah UPTD Puskesmas Wonogiri 1, adalah forum perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik, yaitu pemerintah desa, bekerjasama dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu dr. Pitut Kristiyanta Nugraha, MM memerintahkan kepada seluruh petugas kesehatan yang berada di desa maupun pelaksana program untuk mengambil peran strategis tersebut. Untuk membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa di bidang kesehatan, dengan cara menselaraskan program kesehatan dengan potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

“Pembangunan bidang kesehatan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi,” kata dr. Pitut. Oleh karena itu Musrenbang Desa juga merupakan forum pendidikan kesehatan bagi masyarakat untuk menjadi bagian aktif dari pembangunan kesehatan. (admin-mBinG)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan