Ketua BUMDes sendang pinilih telah terpilih, harapan sendang maju lebih kencang

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Beberapa warga masyarakat berkumpul di Ruang Pertemuan TP PKK Desa Sendang, Wonogiri, Kamis (10/1/19). Mereka berasal dari anggota BPD Sendang, pengurus dan anggota BUMDes, perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Semuanya berkumpul dalam rangka menerima laporan pertanggungjawaban kinerja pengurus BUMDes Sendang Pinilih periode 2016 – 2018. Sekaligus pemilihan ketua baru periode 2019-2022.

ketua-bumdes

Pemilihan Ketua BUMDes Sendang Pinilih periode 2019-2022 di ruang pertemuan TP PKK Desa Sendang (Dok. desa.id – foto : agung)

Sukamto Priyowiyoto, Kepala Desa Sendang yang sebelumnya menjabat sebagai ketua BUMDes mengatakan bahwa selama 3 th kepemimpinannya dengan dibantu relawan desa merintis BUMDes dari bawah. “Sebelumnya desa masih focus di infrastruktur. Kemudian pada 2016 baru muncul pemberdayaan masyarakat dengan mendirikan BUMDesa. Maka diharapkan BUMDes lahir sebagai pilar ekonomi desa dengan spirit untuk kepentingan umum dan meningkatkan PAD,” jelasnya.

Menurut dia, ada program terdekat yang harus dirampungkan oleh pengurus baru yakni memperlebar akses jalan dan pengembangan area parkir di destinasi wisata. Selama 2 tahun sejak BUMDes Sendang Pinilih didirikan dan mengelola 3 destinasi wisata telah dikunjungi lebih dari 160 ribu wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak pula pengelola BUMDes dari luar kabupaten yang mengadakan studi banding di BUMDes Sendang Pinilih.

ketua-bumdes

Ketua BUMDes Sendang Pinilih periode 2019-2022 saat memberikan sambutan pada pemilihan ketua BUMDes (Dok. desa.id – foto : agung)

Ketua BPD Desa Sendang, Sumarso, S.P juga menyatakan terima kasih kepada pengurus lama yang telah mengangkat potensi wisata Desa Sendang. “Sudah banyak desa yang memiliki BUMDes, namun belum ada yang mengelola dengan optimal. Warga masyarakat Desa Sendang patut berbangga hati karena memiliki BUMDes yang sudah memberikan manfaat kepada masyarakat. Yakni peningkatan ekonomi masyarakat dengan adanya warung-warung kuliner di destinasi wisata desa. Juga perekrutan generasi muda sebagai karyawan BUMDes merupakan upaya menuju kemandirian desa,” paparnya.

Pemilihan Ketua BUMDes Sendang Pinilih berjalan sukses (Dok. desa.id – foto : agung)

Ketua terpilih BUMDes Sendang Pinilih periode 2019-2022, Sunarno, S.ST, M.Si mengatakan bahwa merupakan tantangan baru bagi dirinya untuk mengelola BUMDes. Ia akan ajak generasi muda untuk berfikir kreatif memajukan desa menuju kemandirian ekonomi.

Selanjutnya ia akan segera melengkapi struktur kepengurusan baru BUMDes Sendang Pinilih. Menyusun program kerja selama 3 tahun mendatang merupakan langkah awal Sunarno untuk membangkitkan ekonomi lokal melalui BUMDes. Ia berharap dengan kepengurusan baru BUMDes Sendang Pinilih dapat mendorong desa bangkit dan tumbuh sebagai desa mandiri dengan segala potensinya. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan