Desember penyaluran terakhir dana tunjangan BPD dan insentif RT RW

sendang-wonogiri.desa.id │ Pemerintah Desa Sendang menyalurkan bantuan tunjangan bagi anggota BPD Sendang dan insentif Ketua RT, Ketua RW untuk bulan Desember pada Senin (31/12). Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Pertemuan TP PKK Desa Sendang. Hadir seluruh anggota BPD, Ketua RT dan RW se-Desa Sendang.

penyaluran-add

Penyaluran dana tunjangan BPD dan insentif RT RW di gedung pertemuan PKK, Senin (31/12) (Dok. desa id – Foto : Agung)

Sekretaris Desa Sendang, Agung Susanto saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa penyaluran dana tunjangan BPD dan insentif Ketua RT dan RW bersumber dari dana ADD (Alokasi Dana Desa) Tahun 2018. Tunjangan BPD serta uang sidang BPD pada bulan Desember ini senilai Rp 3,3 juta. Sedangkan insentif RT/RW senilai Rp 5,1 juta. Tunjangan BPD dan insentif RT RW tersebut diberikan setiap bulan. Ia mengatakan bahwa tunjangan BPD ini diberikan kepada BPD yang lama, yakni sebanyak 11 orang. “Mulai Januari tahun depan anggota BPD menjadi 9 orang sesuai regulasi yang ada. Sedangkan jumlah Ketua RT dan RW tetap yakni 34 orang,” jelas Agung.

sambutan-kades

Kades Sukamto Priyowiyoto saat memberikan sambutan pada penyaluran dana tunjangan BPD dan insentif RT RW, Senin (31/12) (Dok. desa id – Foto : Agung)

Kepala Desa Sendang terpilih periode 2018-2024, Sukamto Priyowiyoto saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan bahwa tahun 2019 Pemerintah Desa Sendang menganggarkan tunjangan BPD dan insentif RT/RW sesuai kemampuan keuangan desa. “Kita masih memberikan anggaran sesuai indeks kabupaten. Mudah-mudahan PAD kita tahun depan meningkat sehingga bisa menambah tunjangan BPD dan insentif RT/RW,” harapnya.

tunjangan-bpd

Sumarso (berdiri), salah satu anggota BPD saat menerima tunjangan anggota BPD, Senin (31/12) (Dok. desa id – Foto : Agung)

“Berdasarkan pagu anggaran yang telah diterima Pemdes Sendang, pada tahun 2019 alokasi untuk penyediaan tunjangan dan operasional BPD sebesar Rp 29,4 juta. Sedangkan insentif RT/RW sebesar Rp 81,6 juta setahun,” jelas Sutanti, Bendahara Desa Sendang.

Menurut laporan sekdes Sendang, Agung Susanto bahwa saat ini penyusunan APBDes memasuki tahap finalisasi. “Kami menargetkan bulan Januari 2019 sudah mendapatkan evaluasi Rancangan APBDes dari Bagian Hukum Kabupaten. Optimalisasi kinerja perangkat desa sangat diperlukan karena desa mengelola keuangan desa semakin besar. Kalau tidak ada percepatan bisa ketinggalan,” tandasnya.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan