Kelas bumil sendang kinasih di penghujung akhir tahun

sendang-wonogiri.desa.id │ Kehamilan dan persalinan secara alamiah pasti dialami oleh setiap wanita di muka bumi ini. Setiap ibu menginginkan kondisi yang normal dan sehat pada kehamilan serta pada saat proses persalinan. Akan tetapi tidak semua kehamilan masuk dalam kategori normal. Ada beberapa kondisi, baik dari ibu maupun dari janin yang menyebabkan kehamilan dan persalinan termasuk dalam kondisi tidak normal.

kelas-bumil

Kelas bumil sendang kinasih Bulan Desember bertempat di ruang pertemuan PKK (Dok. desa id – Foto : Agung)

Ada beberapa faktor resiko yang menjadi pemicu ketidaknormalan dalam proses kehamilan. Antara lain umur ibu yang terlalu muda (kurang dari 20 th) atau terlalu tua (lebih dari 35 th), jumlah kehamilan lebih dari 4 kali, jarak kehamilan kurang dari 2 tahun, ibu masuk kategori KEK Kurang Energi Kronis) yang ditandai dengan ukuran Lingkar Lengan Atas kurang dari 23,5 cm, serta tinggi badan ibu kurang dari 145 cm.

kelas-bumil

Materi Faktor Resiko dalam Kehamilan disampaikan oleh bidan Dian Kurniawati, SST (Dok. desa id – Foto : Agung)

Pada pertemuan Kelas Ibu Hamil “Sendang Kinasih” bulan Desember 2018 ini, materi yang di sampaikan adalah tentang Faktor Resiko dalam Kehamilan. Materi yang disampaikan oleh bidan Dian Kurniawati, SST ini perlu diberikan agar ibu hamil mengetahui risiko-risiko apa saja yang bisa ditimbulkan apabila ibu hamil dengan kondisi seperti di atas. Hal ini penting dilakukan agar ibu lebih menjaga diri dan janinnya dan lebih waspada pada setiap keadaan tidak normal yang mungkin akan terjadi.

kelas-bumil

Hani saat memberikan materi pada kelas bumil sendang kinasih bulan Desember (Dok. desa id – Foto : Agung)

Selain materi di atas, bidan Desa Sendang Hani S, Amd.Keb juga menyampaikan tentang Persalinan. Antara lain tanda-tanda ibu akan melahirkan, fase-fase dalam persalinan, IMD (Inisiasi Menyusu Dini), serta apa saja yang harus dipersiapkan ibu ketika menghadapi masa persalinan. Peserta begitu antusias dengan materi yang diberikan. Terlebih lagi ada 2 peserta yang pada bulan ini sudah masuk umur kehamilan 9 bulan.

Pada akhir pertemuan, tidak lupa bidan Sri Lestari, Amd.Keb selaku binwil 2 Desa Sendang, mengingatkan pada peserta untuk selalu rutin periksa kehamilan terutama tes darah di laboratorium UPTD Puskesmas Wonogiri II. “Semoga acara yang terselenggara di penghujung tahun 2018 ini bermanfaat untuk semua peserta. Dan semoga menjadi penyemangat untuk kegiatan-kegiatan berikutnya di tahun yang akan datang,” pungkasnya. (Hani-Pustu)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan