Yuk intip ramainya pasar hewan Desa Purwosari Wonogiri

WONOGIRI – Sendang-wonogiri.desa.id │ Minggu Pahing (23/12/2018) merupakan hari pasaran kelima Bulan Desember. Pasaran Pahing berdasarkan penanggalan kalender Jawa merupakan hari pasaran di Pasar Hewan Purwosari, Kecamatan Wonogiri. Pasar ini dibuka sejak tanggal 3 Nopember 2018 lalu.

pasar-pahing

Pasar Hewan Desa Purwosari terletak di Dusun Gondang Kulon ramai saat hari pasaran Pahing (jawa) (Dok. desa id – Foto : Agung)

Pasar Hewan Purwosari atau yang dikenal dengan Pasar Pahing ini memiliki luas 4.100 m2, terletak di Dusun Gondang Kulon, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri. Karena hari pasaran pahing bertepatan dengan hari Minggu, suasana pasar lebih ramai dibandingkan hari pasaran sebelumnya. Baik pedagang maupun pembeli yang berdatangan jumlahnya meningkat.

pasar-hewan

Disediakan parkir unntuk kendaraan roda 2 dan roda 4 oleh pengelola Pasar Hewan Desa Purwosari (Dok. desa id – Foto : Agung)

Suasana pasar sejak pagi hingga siang tampak padat dan lebih ramai. Puluhan mobil pick up dan truk milik para pedagang diparkir di area parkir sebelah utara lokasi pasar. Di bagian dalam pasar tertambat puluhan ekor sapi di tempat yang telah disediakan. Sedangkan aktivitas jual beli alat-alat pertanian dan makanan khas tersaji di sebelah timur pasar. Ada warung makan yang menyajikan menu khas yakni sayur lombok, gulai. Ada pula pedagang sayur, pedagang tali hingga tukang pande besi. Data yang diperoleh oleh tim website sendang-wonogiri.desa.id, ada 55 pedagang lapak dan 20 pedagang hewan yang telah masuk daftar untuk membuka kios di pasar hewan Purwosari ini.

pasar-hewan

Pedagang bibit tanaman juga membuka stand di Pasar Hewan Purwosari (Dok. desa id – Foto : Agung)

pasar-hewan

Warung kuliner juga tersedia di Pasar Hewan Desa Purwosari (Dok. desa id – Foto : Agung)

Para pedagang hewan baik sapi dan kambing dari berbagai daerah datang ke Pasar Hewan Purwosari. Mereka datang dari Sukoharjo, Karanganyar, dan Wonogiri sendiri. Sapi-sapi ditambatkan di tiang yang telah disediakan, namun ada beberapa pedagang kambing ada yang menuntun di sekeliling pasar sambil menawarkan kambing yang akan dijualnya. “Mari mas, ngersakne lembu nopo bibit tanaman, mriki sedaya wonten,” ucap seorang pedagang menawarkan dagangannya dengan campuran logat jawa.

pasar-hewan

Panggung hiburan di Pasar Hewan Desa Purwosari (Dok. desa id – Foto : Agung)

“Minggu Pahing ini kan hari pasaran di pasar hewan Purwosari. Beda dengan biasanya, karena pasaran pahing kalau jatuh di hari Minggu disediakan panggung hiburan oleh pengelola pasar. Seperti hari ini ada grup musik dari Naga Mas Motor. Kalau pas Minggu Pahing tidak ada hiburan dari sponsor, tetap ada campursari dari perangkat Desa Purwosari,” kata Rudoko, (51) Sekretaris Desa Purwosari saat ditemui tim website sendang-wonogiri.desa.id.

pasar-hewan

Sapi-sapi dari berbagai daerah dipasarkan di Pasar Hewan Desa Purwosari (Dok. desa id – Foto : Agung)

Ia menambahkan, setiap hari pasaran rata-rata ada 20 pedagang hewan baik sapi maupun kambing. Tiap pedagang rata-rata membawa 4-5 ekor. “Jumlah sapi yang masuk banyak hari ini meningkat dibanding pasaran Pahing pekan lalu. Karena hari ini kan pasaran bertepatan dengan Hari Minggu, jadi petani maupun pedagang banyak menjual hari ini. Sedangkan yang cari (pembeli) juga banyak,” katanya. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan