Senam ceria bersama anak-anak TK

senam-tk

Anak-anak TK di Desa Sendang melanjutkan senam bersama di OW Gajah Mungkur (Dok. desa.id - foto : Edi)

Pagi ini, Jumat (7/12) Gedung Balai Desa Sendang ramai dengan suara riuh anak – anak TK yang sedang mengikuti senam ceria. TK Yayasan Sendang yang terdiri dari TK SD Satu Atap SDN 3 Sendang, TK Sendang I, TK Sendang II dan TK Sendang III melakukan latihan Senam Bersama dengan iringan musik ” Senam sehat gembira”. Instruktur senam adalah Kepala TK Sendang III, Ibu Eko Budi Aristuti. Guru – guru yang lain juga ikut dalam kegiatan pagi ini. Seluruh murid TK se-Desa Sendang bersama gurunya memenuhi gedung Balai Desa Sendang untuk mengikuti senam bersama. Mereka juga bersama-sama melakukan praktik hidup sehat. Mulai dari senam bersama, edukasi gerak dan lagu.

senam-tk

Anak-anak TK senam bersama di GOR Sendang (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Kepala TK Sendang III, Ibu Eko Budi Ariastuti mengatakan, kegiatan besar untuk kampanye dan melibatkan anak-anak dalam hidup sehat dianggap sangat bermanfaat. Sebab, bagaimanapun anak didik bisa mengetahui dan mengingatnya dengan baik untuk diaplikasikan dalam keseharian. Sebelumnya kepala TK Sendang III merasa ragu akan kegiatan ini. Pasalnya kegiatan diadakan di luar gedung sekolah masing – masing. Akan tetapi pikiran ini langsung sirna manakala orang tua mendukung kegiatan ini.

Kegiatan senam bersama ini merupakan satu di antara tujuan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), program kesehatan jasmani masyarakat yang dicanangkan Presiden Joko Widodo serta Kementerian Pendidikan dan Olahraga.

senam-tk

Anak-anak TK di Desa Sendang melanjutkan senam bersama di OW Gajah Mungkur (Dok. desa.id – foto : Edi)

Sementara itu, anak di tingkat TK harus dibuat nyaman dengan rutinitas pendidikan, termasuk adaptasi penyambutan anak setiap pagi sehingga suasana TK seperti di rumah. “Kuncinya harus dapat membuat anak senang, nyaman dan aman terlebih dahulu, agar anak dapat berpisah dengan orang tua dan berganti menjadi bapak/ibu guru,“ kata Ibu Sri Gunarti, salah satu Kepala TK SD Satu Atap SDN 3 Sendang yang ikut mendampingi kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, pendidikan di TK tidak pernah memberatkan anak justru harus membuat anak merasa nyaman. Acara senam bersama ini mengembil tema “Sehat, Cerdas, Ceria” Olahraga senam memiliki manfaat besar bagi anak usia dini. Selain mampu melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, olahraga senam bisa membantu perkembangan motorik anak. Secara alami, secara natural pertumbuhan fisik kita lebih lama dibandingkan otak. Otak kita lebih cepat berkembang. Jadi olahraga, aktivitas fisik sangat perlu diperkenalkan sejak usia dini.

senam-anak

Guru memberikan contoh gerakan senam kepada anak-anak TK (Dok desa.id – foto : Edi)

Gerakan senam khusus bisa memperkuat otot punggung dan perut. Dengan demikian, anak akan lebih aktif dalam bergerak dan melompat. Namun, gerakan senam harus disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan si kecil.(edi)

About sendang-wonogiri 615 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan