Siang ini penetapan dan pengundian nomor urut calon kades Sendang tahun 2018

Sendang-wonogiri.desa.id – Pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Sendang Kecamatan Wonogiri sudah memasuki tahapan paling krusial. Rabu (14/11), Panitia pilkades Desa Sendang menggelar rapat pleno terbuka penetapan calon kepala desa dan pengundian nomor urut calon di ruang pertemuan TP PKK Desa Sendang Kecamatan Wonogiri. Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, dua calon Kepala Desa Sendang, Camat Wonogiri diwakili Kasi Tapem, Babinkamtibmas, Babinsa, Pj. Kades Sendang, Ketua dan Anggota BPD, LPMD, serta tim sukses kedua calon.

Berbeda dengan Pilkades Sendang tahun 2012 lalu yang diikuti 4 calon, Pilkades Sendang tahun 2018 kali ini diikuti 2 calon yakni Budi Hardono sebagai petahana dan Sukamto Priyowiyoto sebagai pesaing baru. Keduanya adalah tokoh populer Desa Sendang. Keduanya saling bekerjasama dalam 2 tahun terakhir ketika Budi Hardono menjabat sebagai Kades dan Sukamto Priyowiyoto sebagai ketua BUMDes. Mereka merintis untuk mendirikan BUMDes Sendang Pinilih, namun kali ini keduanya harus berkompetisi dalam ajang pilkades serentak tahap kedua bersama 51 desa yang lain di Kabupaten Wonogiri.

undian-kades

Pj. Kades Sendang, Suparno saat memberikan sambutan pada pengundian nomor urut calon kades Sendang, Rabu (14/11) (Dokumen desa.id – Foto : Agung)

Pj. Kades Sendang, Suparno dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini adalah tahapan penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa, juga pengundian nomor urut calon kepala desa yang akan dicantumkan pada kartu suara. “Setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia,” jelasnya.

undian-kades

Kasi Tapem, Mahmudi saat memberikan sambutan pada pengundian nomor urut calon kades Sendang, Rabu (14/11) (Dokumen desa.id – Foto : Agung)

Kasi Tapem Kecamatan Wonogiri, Mahmudi mewakili Camat Wonogiri menyampaikan bahwa siapapun dari kedua calon yang nanti akan memenangkan kompetisi pilkades Sendang Tahun 2018 maka supaya tetap menjalin kerjasama untuk bersama-sama memajukan Desa Sendang. Dan bagi perangkat desa serta panitia harus tetap menjaga netralitasnya, dan tetap melaksanakan tugasnya untuk mensukseskan pelaksanaan pilkades Sendang ini, tapi jangan golput,” harapnya.

undian-nomor urut

Ketua panitia, Sunarno (pegang mic) saat memberikan penjelasan teknis pengundian nomor urut calon kades Sendang, Rabu (14/11) (Dokumen desa.id – Foto : Agung)

Ketua panitia pilkades, Sunarno membacakan berita acara penetapan bakal calon kades menjadi calon kades dan dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut. “Kami sudah jalankan beberapa tahapan pelaksanaan Pilkades, mulai dari penjaringan balon, seleksi administrasi, penetapan DPT, penetapan balon menjadi calon dan pengundian nomor urut calon. Seluruh kandidat dinyatakan lolos dan siap maju dalam Pilkades Desa Sendang. Adapun calon kepala desa yang ditetapkan dan berhak dipilih dan mengikuti pemilihan Kepala Desa Sendang yaitu Budi Hardono dan Sukamto Priyowiyoto,” jelasnya.

undian-nomor

Hasil undian nomor urut Calon Kades, Budi Hardono (nomor urut 1) dan Sukamto Priyowiyoto (nomor urut 2) (Dokumen desa.id – Foto : Agung)

Panitia Pilkades telah mengambil teknis pengundian dengan tahapan masing-masing calon mengambil undian nomor secara bersamaan, lalu dibuka bersama-sama. Angka terkecil berhak untuk mengambil undian nomor urut yang dimasukkan kedalam bola ping pong. Dan hasilnya, Budi Hardono mendapat kesempatan untuk mengambil bola ping pong terlebih dahulu. Kemudian diikuti Sukamto pada kesempatan kedua. Setelah kedua calon sama-sama memegang bola ping pong selanjutnya Ketua Panitia Pilkades, Sunarno memberikan aba-aba untuk membuka bersama-sama. Hasilnya Budi Hardono mendapat nomor urut 1 (satu) dan Sukamto Priyowiyoto mendapat nomor urut 2 (dua). Setelah undian nomor urut selesai dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan bersama untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban Desa Sendang dengan kampanye damai.

kampanye-damai

Kedua calon kades menandatangani pernyataan bersama tentang kampanye damai (Dokumen desa.id – Foto : Agung)

Ketua BPD Sendang, Sugiyanto saat memberikan pengarahan kepada kedua calon mengharapkan agar keduanya dapat meneruskan kerjasama membangun desa. “Saat ini pilkades adalah ajang adu program yang bagus, untuk itu silahkan semua calon membuat program yang nanti disampaikan saat kampanye visi-misi. Dan tentunya diharapkan bisa merealisasikan program tersebut untuk kemajuan Desa Sendang,” tandasnya.

undian-kades

Ketua BPD, Sugiyanto saat memberikan pengarahan kepada kedua calon kades (Dokumen desa.id – Foto : Agung)

Sugiyanto juga menambahkan, bagi tim sukses agar tetap menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban Desa Sendang. Dia berharap dengan sudah adanya nomor urut calon maka pelaksanaan pilkades dapat berjalan lancar dan aman sesuai dengan pentahapan pilkades. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan