Monitoring dan evaluasi bansos rastra dan BPNT tahun 2018 dari Kemensos RI

Sendang-wonogiri.desa.id │ Penanggulangan kemiskinan di Indonesia dilaksanakan melalui berbagai macam program. Satu diantaranya melalui pembagian bantuan sosial beras bagi keluarga pra sejahtera (Bansos Rastra). Pelaksanaan Bansos Rastra di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri diterimakan kepada 200 Keluarga penerima Manfaat (KPM) dimana masing – masing KPM menerima bantuan sejumlah 10 kg setiap bulan.

monev-rastra

Tim Monev dari Kemensos RI diterima Pj. Kades di ruang kerjanya (Dokumen desa.id – foto : Sari)

Pembagian bansos rastra diharapkan diterima oleh keluarga yang benar – benar layak menerima atau tepat sasaran. Untuk itu, Kementrian Sosial RI bersama Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri dibantu TKSK melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Desa Sendang. Monev dilaksanakan pada hari Selasa, (13/11) di kantor TP PKK Desa Sendang dan dihadiri 2 orang perwakilan dari Kemensos, 2 orang perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, TKSK, Satgas Rastra Desa Sendang serta 10 orang perwakilan KPM dari Dusun Kedungareng, Dusun Sendang, Dusun Bendorejo, dan Dusun Selopukang.

monev-rastra

Suci Andari (tengah) dari Kemensos RI saat membuka monev rastra dan BPNT di Desa Sendang, Selasa (13/11) (Dokumen desa.id – foto : Sari)

Monitoring dan evaluasi dilakukan melalui pengisian kuisioner oleh 10 orang responden yang dipilih secara acak. Dalam Sambutannya, Suci Andari dari Kemensos RI menyampaikan bahwa evaluasi Bansos Rastra dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Rahmat selaku Koordinator TKS Kabupaten Wonogiri dan pendamping pelaksanaan BPNT juga menyampaikan bahwa mulai bulan Nopember penerima manfaat Bansos Rastra tidak lagi menerima beras, melainkan menerima kartu dengan nominal Rp 110.000 yang dapat ditukarkan dengan beras dan telur di E-Warong.

monev-rastra

Perwakilan KPM saat mengisi kuisoner monev rastra dan BPNT dari Kemensos RI, Selasa (13/11) (Dokumen desa.id – foto : Sari)

Pengambilan kartu bagi penerima BPNT sedianya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, (17/11) di Kantor Kecamatan Wonogiri. Penerima kartu diharapkan bisa hadir dengan membawa persyaratan yang diperlukan untuk pengambilan kartu. (admin-sari)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan