PPS Sendang gelar rapat pleno rekapitulasi penyempurnaan DPTHP-1 Pemilu 2019

sendang-wonogiri.desa.id │Bertempat di kantor sekretariat Desa Sendang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sendang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1) Pemilu 2019, Jum’at (9/11). Rapat yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri oleh seluruh anggota PPS, sekretariat PPS dan PPL Desa Sendang.

rapat-pleno

Ketua PPS Sendang, Sunarno memimpin rapat pleno di kantor sekretariat PPS (Dokumen.desa.id – foto : Bagas)

Rapat tersebut membahas sinkronisasi daftar pemilih hasil rekomendasi berupa tanggapan masyarakat, Kompilasi Data Anomali, Data Ganda, dan DP4 Non DPT terhadap DPTHP-1 bersama dengan PPL Desa Sendang, Titik Handayani. Tanggapan masyarakat telah diadakan secara serentak oleh KPU pada tanggal 1-28 Oktober 2018 melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

rapat-pleno

PPS Sendang mencermati DPTHP-1 Pemilu 2019 di kantor sekretariat PPS (Dokumen.desa.id – foto : Susanto)

Sebelumnya, dalam DPTHP-1 Pemilu 2019 terdapat 2.943 pemilih yang terdaftar. Jumlah rincinya, 1.443 pemilih laki-laki dan 1.500 pemilih perempuan. Ketua PPS Sendang, Sunarno mengatakan, proses penyempurnaan DPTHP-1 tersebut dilakukan dengan mencermati data bersama PPL Desa Sendang sehingga dihasilkan rekap data yang disepakati bersama. Ia juga menyampaikan bahwa terdapat 1 pemilih ubah data berjenis kelamin perempuan yang bersumber dari Data Anomali.

Sunarno menambahkan bahwa terdapat pemilih yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dengan rincian 4 pemilih dari Data Ganda, 18 pemilih dari hasil tanggapan masyarakat atau pencermatan oleh PPS. Sehingga totalnya terdapat 22 pemilih TMS. Sedangkan untuk pemilih baru berjumlah 56 pemilih, terdiri dari tanggapan masyarakat sebanyak 13 pemilih, dan DP4 sebanyak 26 pemilih.

Penandatanganan Berita Acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penyempurnaan DPT Hasil Perbaikan (DPTHP-1) dipimpin oleh Ketua PPS Desa Sendang. Berita acara tersebut ditandatangani oleh seluruh anggota PPS dengan disaksikan oleh PPL Desa Sendang.

Sunarno menyampaikan hasil rekapitulasi berupa ditetapkannya penyempurnaan DPTHP-1 yang nantinya akan menjadi DPTHP-2. Jumlah pemilih di Desa Sendang saat ini menjadi 2.977 pemilih yang terdiri dari 1.458 pemilih laki-laki dan 1.519 pemilih perempuan.

Jumlah tersebut dimungkinkan masih bisa berubah mengingat jadwal pemilu akan dilaksanakan 17 April 2019 atau sekitar lima bulan lagi. Hasil dari rapat pleno ini akan dibawa ke rapat pleno terbuka tingkat Kecamatan Wonogiri yang akan dilaksanakan Sabtu (10/11). (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan