Tim gerak cepat save motherhood UPTD Puskesmas Wonogiri 1

ugc-puskesmas

dr. Viola saat memeriksa kesehatan bayi yang ditolong oleh TGC Save Motherhood UPTD Puskesmas Wonogiri 1 (Doc.desa.id - Foto : mBing)

WONOGIRI – Pengertian angka kematian balita adalah suatu kejadian atau kematian anak yang berusia antara 0-4 tahun. Kematian yang terjadi pada balita sendiri sebenarnya memiliki banyak faktor penyebab, antara lain kurangnya gizi, sanitasi yang tidak sehat, penyakit menular serta kecelakaan dan lain-lain.

“Oleh karena itu dalam upaya menurunkan angka kematian balita, UPTD Puskesmas Wonogiri 1 melakukan deteksi sejak dini pada ibu hamil dengan resiko tinggi yang tidak mampu di wilayah kerjanya. Langkah yang ditempuh adalah selalu berkoordinasi antara Bidan koordinator puskesmas, bidan desa, bidan puskesmas yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas,” kata dr. Pitut.

Selanjutnya dr. Pitut selaku Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri 1 juga menyampaikan bahwa dalam upaya menurunkan angka kematian balita, Puskesmas Wonogiri 1 memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang selalu dipantau oleh bidan desa sampai persalinannya. Dan disepakati persalinan ditolong di Rumah bersalin bidan setempat dengan membebaskan biaya. Serta dipersiapkan layanan ambulan dengan tim medis gratis selama 24 jam jika diperlukan rujukan.

ugc-puskesmas

dr. Viola saat memeriksa kesehatan bayi yang ditolong oleh TGC Save Motherhood UPTD Puskesmas Wonogiri 1 (Doc.desa.id – Foto : mBing)

Seperti yang telah dilakukan terhadap Ny. S yang bertempat tinggal di Pokoh Kidul wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1. Dalam rangka penurunan Angka Kematian ibu dan Bayi di wilayah kerjanya, Tim Gerak Cepat (TGC) Save Motherhood menjalin kerjasama dengan BPM Retno Kristiningrum dan bidan Imelda Tuti Nurhayati dalam penanganan kegawatdaruratan Kasus persalinan Ny. S di Pokoh Kidul dengan resiko medis maupun sosial dengan pelayanan ambulance 24 jam yang dikemudikan oleh Sutanto. Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri 1 dr. Pitut menugaskan dr. Dea, dr.Ani dan dr. Viola serta dibantu Bidan Retno Kristiningrum dan bidan Imelda berhasil mengantarkan persalinan dengan selamat Ny. S tersebut. Serta memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur dan jika diperlukan rujukan, TGC save motherhood siap mengantarkan ke RSUD dr. Soediran Mangun Soemarso Wonogiri kata Retno Kristiningrum. (admin-mBinG)

About sendang-wonogiri 615 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan