Orientasi kesehatan olahraga bagi guru penjaskes se wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1

kesehatan-olahraga

Program kesehatan olahraga oleh Puskesmas Wonogiri 1 (Dokumen.desa.id - Foto : Mbing)

WONOGIRI – Program Kesehatan Olahraga diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kebugaran bagi masyarakat, termasuk pekerja dengan prioritas pendekatan promotif dan preventif sesuai paradigma sehat. Kesehatan Olahraga bermanfaat luas bagi masyarakat, maupun keluarga, termasuk anak-anak. Selaras dengan situasi global dan kebijakan pemerintah dalam rangka mendukung program pembangunan kesehatan nasional secara efektif dan optimal sesuai tugas Pokok dan Fungsi, maka UPTD Puskesmas Wonogiri 1 melaksanakan orientasi kesehatan olahraga bagi guru Penjaskes SD/MI se wilayah kerja yang berjumlah 30 orang.


kesehatan-olahraga

Program kesehatan olahraga oleh Puskesmas Wonogiri 1 (Dokumen.desa.id – Foto : Mbing)

Orientasi ini dilakukan sebagai upaya penanganan pola penyakit di masyarakat yang pada dua decade lalu pola penyakit atau 10 besar penyakit di puskesmas masih didominasi penyakit menular seperti Ispa, diare, DBD, kulit atau penyakit berbasis lingkungan. Dan pada saat ini pola penyakit bergeser ke arah penyakit tidak menular, seperti Hipertensi, Jantung dan DM. Penyakit tersebut diantaranya diakibatkan kurang aktifitias fisik atau olahraga. “Oleh karena itu dengan kegiatan orientasi kesehatan olahraga yang dibarengkan dengan pertemuan guru UKS ini mampu membangkitkan kembali semangat berolahraga di masyarakat terutama di lingkungan sekolah,” kata dr. Pitut kristiyanta Nugraha,MM Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

guru-uks

dr. Pitut saat memberikan sambutan pada pertemuan guru UKS di Puskesmas Wonogiri 1 (Dokumen.desa.id – Foto : Mbing)

Materi yang disampaikan pada pertemuan tersebut adalah Kebijakan penyelenggaraan program kesehatan Olahraga di UPTD Puskesmas Wonogiri 1. Materi tersebut terdiri atas latar belakang yang mendasari program kesehatan olahraga, kebijakan kesehatan olahraga di UPTD Puskesmas Wonogiri yang sejalan dengan kebijakan di tingkat nasional, target yang akan dicapai oleh UPTD Puskesmas Wonogiri 1, dan implementasi program kesehatan olahraga di SD/MI se wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1, yang disampaikan oleh Bambang Haryono pelaksana program Kesehatan Olahraga. Disamping itu ada materi cara pengisian rapor kesehatanku / buku catatan kesehatan siswa SD/MI dan buku informasi kesehatan siswa SD/MI oleh Endah Wilarsih bidan UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

Dari hasil pertemuan dan orientasi tersebut terbentuk forum guru Penjaskes di wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1, yang dalam rencana kedepan akan dijadikan Posbindu guru penjaskes. Rencana kegiatan yang akan rutin dilakukan adalah pertemuan setiap bulan sekali dengan agenda pemeriksaan kesehatan guru penjaskes, test kebugaran bagi guru SD/MI, serta replikasi kegiatan kesehatan olahraga dari puskesmas ke seluruh SD/MI se wilayah kerja. (admin-mbing)

About sendang-wonogiri 624 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan