UPTD Puskesmas Wonogiri II ajarkan teknik pijat bayi

Sendang-wonogiri.desa.id – Masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi seorang ibu. Terutama bila kehamilan ini diinginkan dan direncanakan. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kehadiran sang buah hati. Tidak hanya persiapan perlengkapan dan peralatan bayi, akan tetapi ibu juga perlu dibekali ilmu tentang perawatan bayi setelah lahir.

kelas-bumil

Pertemuan rutin Kelas Bumil Sendang Kinasih, Selasa (23/10) (Dokumen.desa.id – Foto : Hani)

Salah satu ketrampilan yang sebaiknya dipunyai oleh seorang ibu adalah teknik pijat bayi. Pijat pada bayi banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan. Terlebih lagi bila yang memberikan pijatan adalah sang ibu sendiri. Sentuhan ibu pada bayi merupakan bentuk kasih sayang ibu kepada bayi. Berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari pijat ini antara lain : memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan, merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan, meningkatkan kenaikan berat badan bayi, membuat tidur lelap, mengurangi rasa sakit, mengurangi kembung dan kolik ( sakit perut ) serta yang tidak kalah penting yaitu meningkatkan hubungan batin antara orang tua dengan sang buah hati.

kelas-bumil

Joko Subandono, Am.Fis., tenaga fisioterapi di UPTD Puskesmas Wonogiri II saat memberi contoh cara pijat bayi pada Kelas Bumil Sendang Kinasih (Dokumen.desa.id – Foto : Hani)

Pada bulan Oktober ini kelas ibu hamil “Sendang Kinasih” mengambil materi pokok Pijat Bayi. Materi ini disampaikan oleh Bapak Joko Subandono, Am.Fis. yang merupakan tenaga fisioterapi di UPTD Puskesmas Wonogiri II. Bertempat di Ruang Pertemuan PKK Desa Sendang, Selasa (23/10) para “siswa” yang notabene adalah ibu hamil warga Desa Sendang, menerima materi tentang pijat bayi. Baik dari pengertian, manfaat serta langkah-langkah atau teknik memijat bayi. Setelah pemaparan teori, dilakukan latihan atau praktek oleh ibu dan langsung dievaluasi oleh narasumber.

kelas-bumil

Joko Subandono, Am.Fis., tenaga fisioterapi di UPTD Puskesmas Wonogiri II saat menyampaikan materi pijat bayi pada Kelas Bumil Sendang Kinasih (Dokumen.desa.id – Foto : Hani)

Dengan pemberian materi Pijat Bayi ini diharapkan nantinya ibu dapat memberikan pijatan atau sentuhan pada bayinya secara tepat dan benar. Sehingga ibu dan bayi bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Bidan Desa selaku pelaksana kegiatan kelas ibu hamil ini sangat berharap semua ibu hamil di desa Sendang bisa hadir dan bersama2 menimba berbagai ilmu seputar kesehatan ibu dan bayi dari para ahlinya. Dengan harapan kualitas kesehatan ibu dan bayi di wilayah Desa Sendang dapat meningkat ke arah yang lebih baik. (admin-hani)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan