Lomba cerdas cermat antar kader kesehatan UPTD Puskesmas Wonogiri 1

WONOGIRI – Untuk mengukur kemampuan kader kesehatan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1 telah digelar lomba Cerdas Cermat bagi Kader kesehatan. Lomba tersebut digelar pada hari Jum’at (26/10) di kampus Akbid Giri Satria Husada (GSH) Wonogiri dengan diikuti 9 peserta dari 9 kader kesehatan desa/kelurahan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

Lomba yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut, dibuka oleh Suseno Hadi Saputro, S.E Kasubbag Tata Usaha UPTD Puskesmas Wonogiri 1. Dalam sambutannya Suseno mengatakan bahwa kegiatan lomba bertujuan untuk mengasah kemampuan kader kesehatan, jadi kemenangan bukan yang utama. Dan proses kompetisi yang sehat akan mampu memberikan dampak positif bagi kader dalam menjalankan tugasnya. “Perlu diketahui bahwa menjadi kader kesehatan adalah tugas yang tanpa honor maupun gaji, namun selama ini masih tetap bersemangat dalam menjalankan tugasnya dan diharapkan tetap semangat untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang optimal,” katanya.

puskesmas-wonogiri1

Puskesmas Wonogiri 1 gelar cerdas cermat bagi kader kesehatan (Dokumen.desa.id – Foto : Mbing)

Lomba cerdas cermat kader dibagi menjadi dua tahap, pertama adalah tes tertulis dengan jumlah soal 61, yang terdiri atas soal pilihan ganda. Soal tersebut berisi materi tentang program-program yang ada di Puskesmas yaitu Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan Penyakit, Imunisasi, Promosi Kesehatan dan lain-lain. Pada tahap pertama tersebut diikuti oleh 9 orang kader perwakilan dari desa/kelurahan. Setelah jawaban tes dikoreksi ternyata ada 3 orang peserta dengan nilai tertinggi yang berhak maju tahap berikutnya.

Tahap kedua dari lomba tersebut adalah praktek penyuluhan dengan materi berupa ASI Eksklusif, Germas, Stunting, dan STBM. Waktu untuk lomba praktek penyuluhan adalah 15 menit, dengan ketentuan ketepatan waktu, penguasaan materi, dan penampilan atau cara penyampaian, lalu metode dan alat peraga yang digunakan. Dari ketiga peserta diwajibkan mengambil salah satu dari materi tersebut diatas dengan cara mengambil undian sesuai tema yang telah dipersiapkan.

kader-kesehatan

Kader Kesehatan dari Desa Wonokerto tampil sebagai juara 1 pada cerdas cermat bagi kader kesehatan (Dokumen.desa.id – Foto : Mbing)


cerdas-cermat

Penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba cerdas cermat kader kesehatan (Dokumen.desa.id – Foto : Mbing)

Dari lomba cerdas cermat tersebut menghasilkan juara 1 kader kesehatan dari Desa Wonokerto, juara kedua kader kesehatan dari desa Pokoh Kidul dan juara ketiga dari desa Wonoharjo. “Selanjutnya juara satu akan dikirimkan mengikuti lomba kader tingkat kabupaten di DKK Wonogiri tanggal (30/10),” kata Tari Hutomo, ketua panitia lomba cerdas cermat tingkat UPTD Puskesmas Wonogiri 1. (admin-mBinG)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan