Dinas PMD lakukan monev tahapan pilkades Sendang, apa hasilnya?

Sendang-wonogiri.desa.id — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) terkait tahapan pemilihan kepala desa di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Senin (22/10). Tim monitoring terdiri dari Margono, SH, M.Hum selaku Sekretaris Dinas PMD, Wartini, SE, M.Si dan Rumijati, A.Md. Mereka disambut oleh Kasi Tapem Kecamatan Wonogiri, Mahmudi, S.Sos dan Sekdes, Agung Susanto, SE di ruang kepala desa.

monev-pilkades

Dinas PMD Kab. Wonogiri lakukan monev pelaksanaan tahapan pilkades di Desa Sendang, Senin (22/10) (Dokumen.desa.id – Foto : Edi)

Wartini saat monev menanyakan kepada panitia sampai dimana tahapan yang sudah dilaksanakan oleh panitia pilkades. “Siapkan semua berkas dari mulai SK panitia pilkades yang dibentuk BPD hingga DPS. Nanti akan kami cek apakah sudah sesuai tahapan atau belum,” katanya.
Menurutnya, setelah dokumen tahapan pilkades Sendang diteliti ternyata sudah sesuai dengan tahapan. Ia berharap panitia dapat melaksanakan tahapan demi tahapan hingga hari pencoblosan dengan lancar tanpa kendala. “Apabila saat ini masih ada kekurangan berkas dari para bakal calon kades, masih ada waktu untuk melengkapi,” jelasnya.

monev-pilkades

Dinas PMD Kab. Wonogiri meneliti dokumen tahapan pilkades Sendang (Dokumen.desa.id – Foto : Edi)

Sekdes Agung Susanto menyampaikan bahwa tahapan pilkades di Desa Sendang sudah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemkab Wonogiri. Hingga hari penutupan pendaftaran ada 2 bakal calon yang akan bertarung di Pilkades Sendang 4 Desember mendatang. Yakni Budi Hardono selaku petahana dan Sukamto, Ketua BUMDes Sendang Pinilih. Dua tokoh populer di Desa Sendang ini mendaftar di hari terakhir pendaftaran yang telah dibuat panitia yakni Kamis (18/10).

“Saat ini panitia sudah menyusun DPS dan Tata Tertib Pelaksanaan Pilkades. Rencananya besok Rabu (23/10) akan ada bahasan dan koordinasi dari semua panitia pilkades. Dan panitia juga akan segera mencairkan dana bantuan keuangan dari pemkab sebesar Rp 17,5 juta yang telah masuk ke rekening bendahara desa, agar persiapan lebih matang,” papar Agung.

monev-pilkades

Dinas PMD Kabupaten Wonogiri cek dokumen tahapan pilkades (22/10) (Dokumen.desa.id – Foto : Edi)

Dalam kesempatan itu, Rumijati juga menyampaikan agar beberapa hal yang belum diatur didalam Perbup terkait pilkades dapat dimasukkan kedalam tatib. Ia mencatat ada 2.946 pemilih terdapat di DPS Pilkades Sendang. Rencananya akan dibuat 3 TPS, dengan pembagian jumlah DPT yang proporsional di masing-masing TPS. “Untuk pembagian DPT dan setting tempat TPS silahkan dimusyawarahkan panitia. Saya berharap pelaksanaan pilkades serentak tahun 2018 ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Rumijati, salah satu tim monev Dinas PMD. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan