PPS Sendang sosialisasikan GMHP dan himbau masyarakat cermati DPTHP pemilu 2019

pencermatan-dpthp

Masyarakat melakukan pencermatan DPTHP Pemilu 2019 di papan pengumuman kantor PKK Desa Sendang (Dok.desa.id - Foto : Ibnu)

SENDANG – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri menghimbau warga untuk memeriksa data di dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilu Tahun 2019 mulai tanggal 1-28 Oktober 2018. DPTHP dapat dilihat di papan pengumuman gedung pertemuan PKK Desa Sendang.

pencermatan-dpthp

Masyarakat melakukan pencermatan DPTHP Pemilu 2019 di papan pengumuman kantor PKK Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : Ibnu)

PPS Sendang melaksanakan pencermatan DPTHP bertempat di kantor sekretariat Desa Sendang, Kamis (11/10). Dan mensosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dengan warga masyarakat yang sedang mengurus administrasi di kantor desa. Pencermatan data ini guna menyuarakan Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP) yang tertuang dalam Surat Ketua KPU RI Nomor : 1099/PL.02.1-SD/01/KPU/IX/2018 perihal Penyempurnaan DPTHP Pemilu Tahun 2019. “Gerakan ini melayani tanggapan masyarakat untuk pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti pemilih ganda dan pemilih meninggal dunia, adanya perubahan/perbaikan elemen data pemilih yang keliru, dan pemilih yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam DPT,” jelas Ibnu Asmoro, sekretariat PPS Desa Sendang.

Ia juga menambahkan jika ada warga yang datanya tidak sesuai dengan DPT yang telah dikeluarkan KPU Wonogiri bisa melaporkan ke Kantor Sekretariat PPS di Kantor Desa Sendang. Atau bisa menghubungi anggota PPS dan Sekretariat PPS Desa Sendang dengan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

pencermatan-dpthp

DPTHP Pemilu 2019 telah terpasang di papan pengumuman kantor PKK Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : Ibnu)

Pada kesempatan lain Ketua PPS Sendang, Sunarno, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah memperoleh masukan sejauh mana progres pencermatan DPTHP dan GMHP yang telah dilakukan oleh masyarakat. “Kami akan melihat seberapa jauh kepedulian masyarakat dengan tahapan pemilu yang telah dilaksanakan oleh PPS Sendang agar dapat memperoleh prosentase kehadiran pemilih yang maksimal saat hari pemilihan nanti,” harapnya.

pencermatan-dpthp

Masyarakat melakukan pencermatan DPTHP Pemilu 2019 di papan pengumuman kantor PKK Desa Sendang (Dok.desa.id – Foto : Ibnu)

Adapun dengan gerakan GMHP, publik didorong secara partisipatif dapat melakukan pengecekan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih. “Secara serentak pada 17 Oktober 2018 nanti KPU Provinsi dan Kab/Kota se-Jateng bersama dengan tokoh masyarakat akan bersama-sama mengecek, yang merupakan simbolisasi bahwa masyarakat harus proaktif apakah sudah terdaftar sebagai pemilih. Perlu diketahui, pengecekan terdaftar sebagai pemilih sangat mudah karena bisa mengakses melalui aplikasi KPU RI di android, akses web www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau datang ke kantor desa/kelurahan untuk melihat pengumuman DPTHP,” jelas Agung, salah satu anggota PPS Sendang. (admin)

About sendang-wonogiri 627 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan