Kelas bumil Sendang Kinasih, forum sehat bagi ibu hamil

kelas-bumil

Pertemuan rutin Kelas Bumil Sendang Kinasih di Balai Penyuluhan Sendang (Dok.desa.id - Foto : Hani)

Sendang-wonogiri.desa.id │ Kesehatan ibu dan bayi hingga saat ini masih menjadi prioritas utama dari program kesehatan pemerintah. Rendahnya Angka Kematian Ibu masih menjadi indikator utama suksesnya pembangunan di bidang kesehatan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam menekan dan mengurangi angka kejadian kematian ibu dan bayi. Puskesmas melalui bidan desa sebagai tangan panjang pemerintah selalu menjadi garda terdepan dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan bayi.

kelas-bumil

Pertemuan rutin Kelas Bumil Sendang Kinasih di Balai Penyuluhan Sendang (Dok.desa.id – Foto : Hani)

Kehamilan merupakan suatu proses yang alamiah dan normal bagi setiap wanita dalam siklus hidupnya. Hampir semua wanita pasti mengalami dan menjalani masa kehamilan. Maka dari itu diperlukan suatu upaya pembekalan pengetahuan bagi ibu hamil tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan masa kehamilan, persalinan dan nifas. Upaya ini bisa diwujudkan dalam kegiatan kelas ibu hamil.

Kelas Ibu hamil di Desa Sendang, kecamatan Wonogiri telah berjalan dengan baik sejak tahun 2017 hingga sekarang. Kelas ibu hamil yang diberi nama “Sendang Kinasih” ini terselenggara atas kerjasama UPTD Puskesmas Wonogiri II, Bidan Desa, kader setempat serta perangkat Desa Sendang. Antusiasme peserta yang merupakan ibu hamil warga Desa Sendang sangat beragam. Pada umumnya mereka bersemangat karena lewat pertemuan ini mereka mendapatkan ilmu dari narasumber yang merupakan petugas dari Puskesmas serta saling bertukar pengalaman dengan peserta yang lain.

kelas-bumil

Pertemuan rutin Kelas Bumil Sendang Kinasih di Balai Penyuluhan Sendang (Dok.desa.id – Foto : Hani)

Pada bulan September 2018 ini kelas ibu hamil “Sendang Kinasih” diselenggarakan di Balai Penyuluhan Desa Sendang, Sabtu (29/9). Dengan materi “Keajaiban ASI” oleh Bapak Supartono, SK. MM serta tanya jawab yang dipandu oleh bidan Sri Lestari, A. Md. Keb dan bidan Hani S, A. Md. Keb. Para peserta begitu antusias dan pemeriksaan juga dilakukan bagi semua peserta. Serta Pemberian Makanan Tambahan bagi ibu hamil yang menderita Kurang Energi Kronis (KEK). Begitu bersemangatnya saling bertukar ilmu hingga waktu 2 jam tidak terasa. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB berakhir pada pukul 11.00 WIB. Di akhir acara tersisip doa bagi ibu hamil yang mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) agar proses persalinan nantinya berjalan dengan lancar serta ibu dan bayi sehat dan selamat.

kelas-bumil

Ibu hamil di Desa Sendang antusias ikuti pertemuan rutin Kelas Bumil Sendang Kinasih di Balai Penyuluhan Sendang (Dok.desa.id – Foto : Hani)

Bidan desa selaku penyelenggara sangat berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap bulan dengan partisipasi aktif dari para ibu hamil warga Desa Sendang. Sehingga pengetahuan tentang kehamilan dapat mereka dapatkan demi peningkatan kualitas kesehatan ibu dan bayi pada khususnya dan warga Desa Sendang pada umumnya. (Hani S, A. Md. Keb)

About sendang-wonogiri 615 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan