Raih juara 1 tingkat provinsi Jateng, posluhdes karya bakti sendang terima 12 juta

lomba-posluhdes

Posluhdes Karya Bakti Desa Sendang sebagai juara 1 kategori Penyuluhan Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2018 (Dok.desa.id - foto : Ana)

WONOGIRI – Pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah yang ke-68 dan penerimaan hadiah lomba-lomba tingkat provinsi di lapangan Simpang Lima Semarang (15/8) dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng. Prestasi menggembirakan diraih kelompok Pos Penyuluh Desa (Posluhdes) Karya Bakti, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Yakni berhasil mendapatkan juara I pada lomba penyuluhan tingkat Jawa Tengah.

lomba-posluhdes

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo hadir di lapangan Simpang Lima Semarang (15/8) (Dok.desa.id – foto : Ana)

Posluhdes tersebut, mendapat penghargaan dan hadiah sebesar Rp 12 juta yang diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di lapangan Simpang Lima Semarang, Rabu (15/8). Penghargaan dari gubernur diterima langsung perwakilan kelompok posluhdes berprestasi tersebut. Pengurus posluhdes yang langsung mengikuti acara penerimaan hadiah di Semarang yakni Dwi Hananti dan Sri Hartati.

lomba-posluhdes

Wabup Wonogiri, Edi Santosa hadir pula bersama posluhdes Karya Bakti di lapangan Simpang Lima Semarang (15/8) (Dok.desa.id – foto : Ana)

Pada Bulan Pebruari 2018 lalu Posluhdes Karya Bakti mendapatkan pembinaan langsung dari Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri. Saat itu, Ir. Supardi selaku Koordinator Penyuluh Kabupaten KJF, memberikan arahan, “Kelengkapan administrasi sesuai kuisioner menjadi tolok ukur atau acuan dalam penilaian lomba Posluhdes. Pengelolaan produk – produk unggulan desa menjadi nilai tambah bagi Posluhdes Karya Bakti”.

Dengan prestasi ini, Pj. Kades Sendang, Suparno memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Posluhdes Karya Bakti. ”Prestasi yang diraih kedua poktan ini, sangat membanggakan. Sebab, untuk bisa jadi juara dalam lomba itu, banyak aspek penilaiannya. Juga bersaing dengan banyak kelompok lain dari seluruh Jateng,” terangnya.

lomba-posluhdes

Posluhdes Karya Bakti juara 1 Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2018 (Dok.desa.id – foto : Ana)

Senada dengan pernyataan Pj. Kades, Sekdes Sendang, Agung Susanto mengapresiasi prestasi yang dicapai Posluhdes Karya Bakti. ”Ditambah lagi dukungan dari pemerintah daerah dan petugas, juga menjadi aspek penting dalam penilaian. Jadi, untuk bisa meraih juara tingkat provinsi ini tidak mudah. Ini prestasi sangat membanggakan,” kata Agung.

Ia juga berharap agar kinerja posluhdes bisa terus ditingkatkan. Pasalnya, setelah menjadi juara 1 kategori penyuluh desa, tentunya Posluhdes Karya Bakti akan menjadi tempat sharing dari posluhdes dari desa maupun daerah lain. (admin)

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan