PKK Sendang adakan pemeriksaan kesehatan terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM)

Penyakit tidak menular atau yang sering disebut dengan PTM menjadi salah satu fokus utama pemerintah, oleh karena itu penting untuk dilakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui secara dini penyakit tidak menular seperti hipertensi dan Diabetes Mellitus. Program pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Ibu-Ibu PKK Desa Sendang bekerjasama dengan Puskesmas Wonogiri II. Kegiatan dilaksanakan di Gedung TP PKK Desa Sendang pada tanggal 6 Juli 2018.

pemeriksaan-kesehatan

Petugas Puskesmas Wonogiri II menyampaikan materi di Ruang Pertemuan TP PKK Sendang (Foto : Agung)

Pemeriksaan dilakukan oleh 3 orang petugas Puskesmas Wonogiri II serta 7 mahasiwa KKN-PPM UGM dari klaster kesehatan dan beberapa mahasiswa dari klaster lain. Ibu-ibu yang datang diminta melakukan registrasi terlebih dahulu dan diberikan kertas sebagai catatan hasil pemeriksaan. Pemeriksaan dimulai dengan pengukuran tekanan darah, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan kadar asam urat dan glukosa.

pemeriksaan-kesehatan

Salah satu pendamping desa, Iwan ikuti pemeriksaan kesehatan di Ruang Pertemuan TP PKK Sendang (Foto : Agung)

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 46 orang. Diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan mayoritas Ibu-Ibu PKK Sendang memiliki tekanan darah dalam rentang normal (120/80mmHg), hanya ada beberapa yang melebihi batas normal. Selain pemeriksaan kesehatan, peserta juga mendapatkan informasi atau penyuluhan terkait penyakit tidak menular. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para peserta yang hadir dapat menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit tidak menular. (KKN-UGM)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan