Tumbuhkan motivasi belajar, TK Satu Atap Sendang III lakukan outing class

TK Satu Atap Sendang III lakukan outing class di Kantor Desa Sendang, Kamis (23/8) (Foto : Edi)

sendang-wonogiri.desa.id │ Dengan tema “Tanah Airku”, TK-SD Satu Atap SDN III Sendang lakukan pembelajaran mengenal lingkungan sekitar. Dua orang guru TK Satu Atap Sendang III mengajak 24 siswanya melakukan Outing Class ke Kantor Desa Sendang, Kamis (23/8). Kali ini, mereka diajak mengenal lebih dekat tentang keadaan kantor desa dan perangkatnya.

outing-class

Para siswa TK Satu Atap Sendang III adakan outing class di kantor Desa Sendang, Kamis (23/8) (Foto : Edi S)

Rombongan TK Satu Atap Sendang III tiba di kantor Desa Sendang sekitar pukul 08.00 WIB. Memasuki kantor desa, siswa – siswi disambut dengan ramah tamah oleh para perangkat desa. Dengan dipandu salah seorang perangkat desa, para siswa peserta Outing Class diperlihatkan berbagai macam kegiatan atau pekerjaan yang ada di kantor desa.

Antusias para siswa begitu terlihat. Mereka dengan semangat mendengarkan apa yang disampaikan oleh Kasi Kesra Desa Sendang, Sari Retnoningrum tentang apa saja kegiatan di kantor desa. Sari menjelaskan pula perihal nama – nama perangkat desa dan nama kepala desa. Hal ini memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka.

outing-class

Para siswa antusias mendengarkan penjelasan Kasi Kesra Desa Sendang, Sari Retnoningrum tentang kegiatan di kantor desa. (Foto : Edi S)

Ibu Sri Gunarti, selaku Kepala Sekolah TK Satu Atap Sendang III mengatakan bahwa kegiatan Outing class merupakan media efektif dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Tujuannya untuk mendekatkan siswa dengan lingkungan dengan melihat realita sesungguhnya. “Kegiatan ini sudah kami sesuaikan dengan tema pembelajaran di sekolah,” ujarnya.

outing-class

Para siswa berjabat tangan dengan perangkat Desa Sendang, Kamis (23/8) (Foto : Edi S)

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan program sekolah dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Outing class menjadi motivasi dalam belajar dengan menggunakan lingkungan yang ada serta mengenalinya secara langsung. Kali ini kantor desa dipilih sebagai tempat Outing Class, karena jaraknya tidak jauh dari sekolah TK Satu Atap Sendang III.

Salah satu orang tua siswa, Marmi, dari Dusun Kembang menyambut positif kegiatan Outing Class ini, selain menambah pengetahuan siswa di luar lingkungan sekolah, juga menambah wawasan dan menumbuhkan mental para siswa. “Saya sangat menyambut positif kegiatan ini, ini adalah salah satu pengalaman anak yang tidak terlupakan saat ia dewasa nanti,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa perlu kreativitas dan inovasi dalam metode dan model pembelajaran. Pasalnya, anak-anak tidak jenuh dan mereka tetap semangat dalam belajar.

Menutup kegiatan Ibu Sri Gunarti mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan pemerintah desa. Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi belajar para siswa di TK Satu Atap Sendang III. (admin)

About sendang-wonogiri 615 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan