Launching Master Plan Desa Wisata Sendang warnai perpisahan KKN PPM UGM

WONOGIRI – Setelah 50 hari, usai sudah tugas 29 mahasiswa Tim KKN-PPM UGM 2018 Unit JT116 yang berlokasi di Desa Sendang, Wonogiri. Saat pamitan pada pemerintah desa dan warga setempat, Tim KKN-PPM UGM berkesempatan memaparkan semua program kerja yang telah dilaksanakan. Acara perpisahan digelar di Gedung TP PKK Desa Sendang, Kamis 9/8/2018. Hadir pada acara tersebut Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Mardhani Riasetiawan, SE, MT, Pj. Kades Sendang, Drs.Suparno, Tenaga Ahli Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, perangkat desa, Ketua BUMDes, Ketua RT / RW, PKK dan perwakilan SD, TK se-Desa Sendang.

perpisahan-KKN UGM

Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Mardhani, SE, MT menyampaikan sambutan pada perpisahan KKN PPM UGM di Desa Sendang (Foto : Tanti)

Dalam sambutannya, Dr. Mardhani mengatakan bahwa para mahasiswa yang melaksanakan tugas KKN di Desa Sendang berarti belajar hidup di desa dan mengetahui masalah-masalah di desa. “Mereka memang focus dengan tema kebencanaan, karena di Desa Sendang ini rawan dengan bencana. Bagaimana mengajari masyarakat bisa hidup dengan bencana, karena bencana bukan untuk dihindari tapi disikapi dengan arif,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi warga masyarakat yang telah membantu baik waktu, tenaga dan tempat tinggal sehingga para mahasiswa UGM dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar. Tim UGM masih akan melanjutkan pemasangan Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) G-Connect di Dusun Selopukang dan Gondanglegi karena alat tersebut sangat dibutuhkan oleh penduduk Desa Sendang agar mereka dapat lebih waspada dan siap apabila sewaktu-waktu terjadi bencana tanah longsor.

perpisahan-kkn

Pj. Kades Sendang, Drs. Suparno menerima cinderamata dari koordinator KKN PPM UGM di Desa Sendang (Foto : Tanti)

Pada kesempatan itu, Pj. Kades Sendang, Drs. Suparno mengucapkan terima kasih kepada Universitas Gadjah Mada yang telah berkontribusi diberbagai bidang terkait penanganan bencana di Desa Sendang. Mulai pendidikan kepada masyarakat terkait kegawatdaruratan menghadapi bencana hingga bantuan pemasangan alat deteksi bencana.

master plan-wisata

Aris, menyampaikan master plan Desa Wisata Sendang pada perpisahan KKN PPM UGM di Desa Sendang (Foto : Tanti)

Tim KKN-PPM UGM berkesempatan pula memaparkan semua laporan hasil kegiatan dan melaunching logo wisata desa, peta digital wisata Desa Sendang, dan pemutaran video profil desa. Dan yang sangat membantu bagi pemerintah desa adalah tersusunnya buku master plan pengembangan potensi desa, mulai dari potensi wisata, kuliner, ekonomi dan peternakan perikanan. “Kami sangat berterima kasih pada warga yang telah mendukung kegiatan KKN UGM, sehingga kita dapat menyelesaikan semua program kerja tepat waktu, bahkan kami masih sempat 17-an bersama dengan berbagai kegiatan dalam rangka HUT RI ke-73 disini,” ujar Rakananditya Said, koordinator KKN-PPM di Desa Sendang. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan