Ribuan warga padati pendopo Kecamatan Wonogiri, ikuti jalan sehat HUT RI

WONOGIRI – Sejak pagi anak-anak SD, SMP, para guru, perangkat desa/kelurahan dan masyarakat umum memadati halaman Pendopo Kecamatan Wonogiri. Mereka yang berjumlah 2400 orang telah menyiapkan diri untuk mengikuti jalan sehat yang digelar oleh panitia peringatan HUT RI ke-73 di Kecamatan Wonogiri, Kamis 9/8/2018.

Camat Wonogiri didampingi Danramil Kota dan Sekcam Wonogiri dalam pembukaan Jalan Sehat di Pendopo Kecamatan Wonogiri (foto : admin)

Pukul 06.30 WIB, Camat Wonogiri Drs. Slameto Sudibyo memberikan sambutan sebelum dimulainya pengibaran bendera start. Ia menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh warga masyarakat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 di Kecamatan Wonogiri. “Setelah kegiatan jalan sehat selesai, nanti masih ada beberapa lomba antara lain memasak sayur lombok, lomba nretek/kentongan, lomba volley dan lain sebagainya,” tuturnya.

jalan-sehat

Camat berfoto bersama dengan para peserta sebelum pengibaran bendera start lomba jalan sehat (foto : admin)

Selesai memberikan sambutan, Camat didampingi Danramil Wonogiri Kota, Kapten Ismail Syahrudin, S.Sos menuju jalan raya sebelah timur pendopo Kantor Kecamatan Wonogiri untuk mengibarkan bendera start. Ribuan warga antusias mengikuti rute yang menempuh jarak kurang lebih 2,5 km. Start dari Pendopo Kecamatan-Alas Kethu-Pertigaan Lampu Merah Kerdu Kepik-Ponten-kembali ke Pendopo Kecamatan.

jalan-sehat

Peserta saat melintasi rute di Kelurahan Giripurwo dalam Jalan Sehat Kecamatan Wonogiri. (foto : admin)

Dalam melaksanakan lomba jalan sehat ini panitia dibantu oleh Polsek Wonogiri Kota dan Puskesmas Wonogiri I dan II. Mereka membantu proses penyeberangan jalan, pengamanan lalu lintas dan menjaga keselamatan para peserta jalan sehat. Sembari jalan sehat, warga dapat menikmati udara pagi disepanjang jalan raya yang membentang dari selatan ke utara melintas di Hutan Kethu. Setelah tiba didepan obyek wisata Hutan Kota Kaki Gandul, wahana wisata alam seluas 4 hektare yang dikelola Perum Perhutani ini, para peserta diberikan kupon untuk diundi di lokasi finis.

jalan-sehat

Peserta yang didominasi anak-anak SD, SMP sampai dilokasi finis, Pendopo Kantor Kecamatan Wonogiri (foto : admin)

Setelah menempuh rute kurang lebih 35 menit, para peserta telah kembali ke lokasi finis dihalaman pendopo Kecamatan Wonogiri. Dilokasi finis para peserta disambut dengan alunan musik yang dimainkan oleh grup musik orjen tunggal dari Desa Purwosari. Anak-anak SD pun ikut bernyanyi dan menari mengikuti alunan musik yang dimainkan. Disamping panggung musik, panitia juga menyediakan aneka jajanan gratis mulai olahan makanan tradisional seperti ketela, kacang, hingga makanan modern lainnya.

hadiah-jalan sehat

Ragam hadiah yang dipersiapkan panitia dalam Jalan Sehat peringati HUT RI ke-73 di Kecamatan Wonogiri (foto : admin)

Disela-sela penampilan musik juga dilakukan undian kupon jalan sehat. Banjir hadiah berupa alat-alat rumah tangga mulai dari setrika, magic jar, kipas angin hingga sepeda gunung yang telah disiapkan panitia membuat peserta setia menunggu hingga selesainya acara pengundian. Salah satu panitia, Heri mengatakan, “Tahun ini peserta membludak, tahun kemarin kami mencetak 2000 kupon jalan sehat masih tersisa, tapi kali ini kami harus mencetak kupon susulan sebanyak 400 kupon, jadi total ada 2400 kupon,” tandas Heri. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan