Pos kamling RT 01 Kedungareng wakili desa ikuti lomba tingkat kecamatan

WONOGIRI – Banyak hal yang dilakukan warga masyarakat dalam menyambut peringatan HUT RI ke-73. Salah satunya warga Dusun Kedungareng RT 01, mereka bergotong-royong dengan dana swadaya menghias sepanjang jalan masuk dusun dengan memasang pernak-pernik lampu hias, pemasangan umbul-umbul hingga melukis ditembok-tembok pagar dengan nuansa agustusan.

pos-ronda

Pos Kamling RT 01 Kedungareng dihiasi dengan umbul-umbul dan lukisan warna-warni

Bahkan adanya yang cukup keren saat kita masuk di salah satu gang di Dusun Kedungareng, tepatnya di Pos Kamling RT 01. Berbagai lukisan, tulisan aksara jawa menghias diberbagai sisi tembok didekatnya. Mereka yang melihat akan merasakan nuansa kemeriahan warga dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 ini.

pos-ronda

Ketua RT pimpin Warga untuk gotong-royong lakukan pemasangan batako di pos kamling RT 01 Kedungareng

Ketua RT 01, Aris Pancoko saat diwawancarai reporter website sendang-wonogiri.desa.id mengatakan bahwa warga RT 01 sangat antusias menghias dusunnya. Warga yang berprofesi sebagai tukang membantu merapikan tembok di pos kamling, sedangkan para pemuda menuangkan ide kreatifnya dengan menghias pagar tembok dilingkungan dengan cat aneka warna. “Semua biaya untuk menghias lingkungan RT 01, termasuk menghias pos kamling dari dana swadaya,” kata Aris Pancoko.

pos-ronda

Salah satu pemuda melukis di dinding Pos Kamling RT 01 Kedungareng

Ia juga menuturkan bahwa pos kamling RT 01 ditunjuk oleh pemerintah desa Sendang untuk mengikuti lomba pos kamling tingkat kecamatan. Menurutnya semua aspek penilaian lomba pos kamling sudah dilengkapi mulai data kode kentong, peta wilayah, administrasi jadwal ronda, kelengkapan alat seperti kentongan, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), papan pengumuman warga telah tersedia. “Semoga semangat kegotong-royongan ini sentiasa terjaga sehingga bisa menjadi modal dasar pembangunan dusun di masa yang akan datang,” tandasnya.

pos-ronda

Hasil ide kreatif para pemuda dalam menghias lingkungan pos kamling

Sekdes Agung juga membenarkan bahwa beberapa hari yang lalu tim penilai lomba pos kamling tingkat Kecamatan Wonogiri telah berkunjung ke Dusun Kedungareng RT 01 untuk melakukan penilaian. Tim menilai dari segi tampilan fisik, administrasi dan kelengkapan alat di pos kamling. “Sebelumnya saya telah mengecek beberapa pos kamling di Desa Sendang, hampir setiap RT memiliki pos ronda namun tidak semuanya memiliki kriteria untuk dilombakan, semoga tahun depan tiap-tiap RT mulai melengkapi pos kamlingnya baik peralatan dan administrasi. Lomba ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran warga masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan dengan rutin melaksanakan ronda keliling,” pungkas Agung. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan