Harlah ke-10, PPDI Wonogiri bertekad bangun sinergitas sukseskan pembangunan bangsa dari desa

WONOGIRI│Dalam peringatan Harlah Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kab. Wonogiri ke-10 yang digelar Sabtu (4/8/2018) terlihat begitu meriah dengan kehadiran perangkat desa se-Kab. Wonogiri di Gedung Giri Wahana kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri. Hadir pula dalam kesempatan itu Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Drs. Sautma Sihombing, MSi, Kepala Dinas PMD Kab. Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, SH, Ketua PPDI Jawa Tengah, Budi Kristianto, S.H, Dandim 0728 Wonogiri, dan perwakilan Polres Wonogiri.

harlah-ppdi

Ketua PPDI Kab.Wonogiri, Widi Hartono, SE memberikan sambutan pada Harlah PPDI Kab.Wonogiri ke-10 di gedung Giri Wahana (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Dalam kesempatan itu, Ketua PPDI Kab.Wonogiri, Widi Hartono, S.E menyampaikan bahwa PPDI Kab. Wonogiri mempunyai posisi penting saat lahirnya UU Desa tahun 2012 lalu. Dan saat ini PPDI tetap menjalin sinergitas dengan pemerintah dalam melaksanakan amanat UU Desa. Ada beberapa agenda perjuangan PPDI Kab.Wonogiri yang diangkat pada Harlah yang ke-10 antara lain seputar nasib perangkat desa yang telah purna tugas namun tidak mendapatkan penghargaan purna tugas, penghasilan tetap serta jaminan kesehatan perangkat desa. “Selama pemerintah masih dapat diajak kerjasama mengapa harus mengepung istana?” katanya. Hal itu ia sampaikan karena beberapa tahun lalu dalam proses lahirnya UU Desa, perangkat desa dari berbagai provinsi mengepung gedung DPR RI untuk mendorong disyahkannya RUU Desa. Maka ia menegaskan bahwa PPDI Wonogiri saat ini dalam rangka mewujudkan pembangunan bangsa dari desa dan mencapai kesejahteraan perangkat desa tetap menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah maupun pusat.

harlah-ppdi

Perangkat Desa se-Kab. Wonogiri saat menghadiri Harlah PPDI Kab.Wonogiri ke-10 di gedung Giri Wahana (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Ketua PPDI Provinsi Jawa Tengah, Budi Kristianto, S.H yang hadir dalam acara tersebut juga mengucapkan selamat kepada PPDI Kab. Wonogiri yang telah menyelenggarakan harlahnya yang ke-10. “Dimanapun, perangkat desa bisa berkontribusi dalam menciptakan kondusifitas keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Dan PPDI merupakan wadah yang nyaman untuk mewujudkan kesejahteraan perangkat desa,” jelasnya.

Ketua PPDI Jawa Tengah, Budi Kristianto, SH memberikan sambutan pada Harlah PPDI Kab.Wonogiri ke-10 (foto : Agung)

Lanjut ia menuturkan pada tanggal 3 Maret 2018 lalu saat pengukuhan pengurus PPDI Provinsi Jawa Tengah di Donohudan, Boyolali telah diamanatkan bahwa PPDI supaya kembali untuk bersinergi dengan pemerintah dalam rangka melaksanakan amanat UU Desa dan PPDI Wonogiri telah memiliki visi-misi yang sejalan dengan PPDI Jawa Tengah.

Sementara itu Kasubdit Fasilitasi Penataan Kewenangan, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Drs. Sautma Sihombing, MSi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan perangkat desa, PPDI harus sinergi dan selalu menjalin komunikasi dengan pemerintah. Ia juga berharap agar perangkat desa tidak lupa akan tugasnya selaku abdi negara dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

harlah-ppdi

Kepala Dinas PMD Kab.Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, SH menyerahkan tumpeng kepada perangkat desa tertua, Sarino saat Harlah PPDI Kab.Wonogiri ke-10 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Acara harlah PPDI Kab. Wonogiri ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab. Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, S.H yang diberikan kepada Sarino, perangkat desa tertua dari Dusun Ploso, Desa Tanjung, Kec. Bulukerto.

Dalam laporannya, ketua panitia penyelenggara Harlah PPDI Kab. Wonogiri ke-10, Aria Bagas Herbangun, S.E mengatakan bahwa kegiatan ini didanai secara mandiri oleh perangkat desa se-Kabupaten Wonogiri. Namun ada pula kepedulian dari sponsor yang mendukung terselenggaranya kegiatan harlah tersebut yaitu BKK Kec. Eromoko dan BKK Kec. Wonogiri. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan