Tim putri Dusun Bendorejo juarai lomba Gobag Sodor Desa Sendang

WONOGIRI – Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018, Panitia HUT RI ke 73 Desa Sendang menggelar lomba olahraga tradisional Gobag Sodor, Minggu (5/8/2018). Lomba Gobag Sodor ini diikuti 10 tim yaitu Dusun Bendorejo, Dusun Prampelan, Dusun Nglegong-Kolotoko, Dusun Selopukang, Dusun Kembang, Dusun Jajar, Dusun Sokogunung dan Tim KKN UGM.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari di gedung olahraga Sendang itu, dibuka oleh Sekretaris Desa Sendang, Agung Susanto. Dalam arahannya ia mengatakan bahwa kegiatan lomba olahraga gobag sodor ini dilaksanakan dengan harapan mampu menggelorakan kembali salah satu olahraga tradisional yang hampir punah di Kabupaten Wonogiri.

gobag-sodor

Tim Gobag Sodor Putri Dusun Jajar (kaos biru) mampu kalahkan tim putri KKN UGM dalam lomba Gobag Sodor memperingati HUT RI ke-73 di GOR Sendang

Menariknya, para peserta lomba tradisional gobag sodor tersebut semuanya ibu-ibu dari sejumlah dusun, hanya tim KKN UGM saja yang masih muda-muda. Hebohnya lagi saat babak penyisihan tim putri Jajar yang dihuni oleh ibu-ibu dengan jatuh bangun mampu mengandaskan tim putri KKN UGM yang masih muda-muda.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN PPM UGM, Aris yang didaulat sebagai juri mengatakan, “Tim putri KKN UGM kalah dengan tim ibu-ibu Dusun Jajar, karena walaupun sudah berumur ternyata kuat-kuat sedangkan teman-teman kami kebanyakan dari kota dan belum mengenal olahraga gobag sodor ini,” katanya sembari tertawa. Ia berharap kedepan diadakan event serupa bahkan ditambah lagi cabang olahraganya agar semakin meriah.

gobag-sodor

Seragam hijau, Tim Gobag Sodor Putri Dusun Jajar Kedungareng

Keluar sebagai juara pertama adalah Dusun Bendorejo, disusul juara kedua Dusun Prampelan dan juara ketiga Dusun Jajar. Pada partai final tim putri Dusun Bendorejo mampu mengalahkan tim putri Dusun Prampelan. Dan penyerahan hadiah direncanakan akan dilaksanakan pada puncak malam resepsi HUT RI ke-73 Desa Sendang mendatang.

Sementara itu, Sekdes Agung mengatakan bahwa kegiatan lomba olahraga tradisional ini selain memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 juga untuk mempererat hubungan ibu-ibu PKK antar dusun dalam membangkitkan kembali olahraga tradisional di Desa Sendang. “Bahkan, kegiatan lomba tradisional ini mendapat sambutan positif dari warga Sendang, yang dibuktikan dengan banyaknya penonton yang memadati gedung olahraga Desa Sendang untuk menyaksikan pertandingan olahraga tradisional tersebut,’katanya.

Menurutnya, karena olahraga tradisional gobag sodor sudah hampir punah. Bahkan, anak-anak generasi milenial di Desa Sendang hampir tidak mengenal olahraga gobag sodor tersebut. ”Sehingga kami mengagendakan mudah-mudahan setiap tahun dapat menggelar lomba gobag sodor di Desa Sendang,” imbuh Agung. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan